5 Kemampuan Khusus Software Akuntansi yang Akan Membantu Perusahaan Anda

Software akuntansi hadir sebagai solusi atas semua proses pencatatan segala bentuk transaksi keuangan di suatu perusahaan atau organisasi. Dimana akuntansi memegang peran penting bagi perkembangan perusahaan. Sehingga aplikasi akuntansi pun harus memiliki kemampuan khusus untuk menangani ini. Adapun kemampuan yang dimaksud yaitu sebagai berikut.

Kemampuan Khusus yang Dimiliki Aplikasi Akuntansi

1. Laporan Keuangan yang Lengkap

Salah satu kemampuan utama yang dimiliki oleh accounting software adalah membuat laporan keuangan yang lengkap. Dimana sebuah perusahaan umumnya bisa membutuhkan beberapa macam laporan sekaligus untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis. Apabila pembuatan laporan ini dilakukan secara manual pastinya akan memakan waktu yang lama.

Sebab diperlukan waktu untuk mengumpulkan data, mencocokkan data, dan lain sebagainya. Namun tidak ketika anda memilih menggunakan aplikasi akuntansi. Sebab perangkat lunak tersebut mempunyai fitur membuat laporan keuangan secara otomatis. Bahkan laporan yang dibuat menggunakan software dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti versi grafik, diagram, tabel, dan lain lain.

2. Rekonsiliasi Bank

Selain mempunyai kemampuan dalam membuat laporan keuangan, software akuntansi juga mampu membantu menghubungkan dan mensinkronisasi data di rekening bank perusahaan. Sehingga data tersebut dapat dipastikan tetap sesuai dengan data terkini dari pencatatan akuntansi. Tujuannya yaitu supaya tidak terjadi selisih saldo yang dapat menjadi masalah di kemudian hari.

3. Manajemen Faktur Transaksi

Accounting software juga umumnya dibekali dengan manajemen faktur transaksi. Dimana manajemen faktur dan transaksi ini sangat penting bagi berbagai perusahaan, khususnya untuk perusahaan dagang dan manufaktur. Sebab manajemen faktur berkaitan erat dengan pengelolaan utang piutang, sehingga itu dapat berpengaruh langsung terhadap kas perusahaan.

Dan pengelolaan faktur dalam bentuk kertas yang dilakukan secara manual bisa sangat merepotkan. Belum lagi terdapat risiko faktur kertas hilang atau rusak. Di sinilah peran aplikasi akuntansi terlihat. Perangkat lunak akan membantu melakukan manajemen faktur transaksi agar menjadi lebih mudah dan sederhana. Bahkan ada fitur reminder untuk faktur yang belum terselesaikan.

4. Budgeting

Satu lagi kemampuan khusus yang dimiliki oleh software akuntansi, yakni budgeting. Dengan adanya kemampuan ini, perusahaan bisa mencatat segala laporan terkait budgeting yang telah dibuat. Seperti halnya membuat anggaran bersisa atau tidak bersisa yang disesuaikan dengan periode aktivitas bisnis. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk anggaran laba rugi jika perlu.

5. Financial Forecasting

Apakah anda menginginkan estimasi biaya pendapatan dengan tepat ? Tidak perlu khawatir, aplikasi akuntansi mempunyai kemampuan financial forecasting yang bisa membantu mengontrol keuangan dengan bijak. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk menghilangkan biaya yang tidak perlu sehingga memicu keuntungan menjadi lebih optimal.

Kemampuan kemampuan khusus yang dimiliki aplikasi akuntansi seperti di atas bisa sangat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnis. Namun tentunya tidak semua accounting software mampu menjalankan fungsi tersebut secara optimal. Sehingga anda perlu mencari penyedia jasa yang kredibel seperti Soltius Indonesia, untuk menghadirkan perangkat lunak yang sesuai kebutuhan usaha.