Material Khusus Bahan Fiberglass

Material Khusus Bahan Fiberglass

Peralihan teknologi yang begitu cepat turut gerakkan kepentingan akan produk yang lebih berkompetisi dari segi desain dan aplikasinya. Kepentingan program produk yang lebih berkompetisi sudah tentu membuat kepentingan material yang lebih “luar biasa” , sampai produk yang dibikin semakin kuat, tahan lama namun tetap mudah dan ekonomis.

Setelah begitu lama industri teknik banyak “bermain” dengan material logam seperti besi, baja dan sejenisnya seterusnya berkembang menggunakan material plastik, saat ini telah berkembang material baru yang penggunaanya lebih memberi keuntungan yaitu material komposit.

Material komposit adalah kombinasi dari 2 bahan khusus, yakni :

  • Fiber

Berbentuk jahitan, lembaran atau bulu-bulu yang bisa dengan mudah dipotong dan mempunyai karakter seperti kain. Material ini terbentuk dari serat-serat atau fiber yang paling tipis, walaupun masing-masing fiber betul-betul kuat, tapi memiliki bentuk yang berupa serat-serat tipis membikin tidak dapat menahan beban dengan baik.

  • Resin

Sebagai bahan yang cair sama seperti lem yang kental. Jika resin dikombinasi dengan katalis atau pemercepat reaksi, karenanya resin bisa saja kering jadi material yang padat, betul-betul keras tapi getas (mudah rengat seperti kaca).

Kombinasi antara bahan serat fiber yang terkuat dengan resin sebagai pengikatnya menghasilkan material dengan watak gabungan antara fiber dan resin yaitu betul-betul kuat, keras, namun tetap ulet (tidak getas seperti resin). Watak resin yang tahan pada air dan bahan kimia membuat material komposit betul-betul cocok digunakan pada program yang korosif atau basah.

Karena serat fiber memiliki arah-arah serat yang dapat diatur dengan mudah, material komposit ini menjadi efektif dalam penggunaan kekuatanya. Analoginya adalah seperti bahan triplek atau plywood, bahan ini mudah ditekuk pada arah serat tertentu dan sulit ditekuk pada arah serat yang lain.

  • Fiberglass

Efektifitas penggunaan tong sampah fiberglass kekuatan ini mengakibatkan material komposit lebih mudah dibandingkan bahan yang lain untuk volume yang sama, bahkan semakin kuat dari baja! Bahkan material ini kerap digunakan bahkan untuk turbin angin atau pesawat terbang.

Material komposit yang biasa digunakan untuk program tiap hari adalah fiberglass. Fiberglass ialah material komposit yang serat fibernya mempunyai bahan serat kaca. Material fiberglass kerap digunakan karena personalitasnya yang kuat, mudah, kuat, tahan karat dan air dan relatif paling ekonomis.

Program dari material fiberglass nyaris sama dengan plastik, tapi material fiberglass dapat dibuat dengan proses yang lebih mudah dan singkat bahkan untuk beberapa ukuran yang besar sekali. Material fiberglass lebih ulet dibandingkan dengan plastik. Dan bisa juga dibuat untuk bak sampah fiber

Baca Juga :

Apa Manfaat Bahan Fiberglass ?

Bahan FIberglass dan Produknya

Source by www.pusatfiberstainless.com