Cara Kerja SEO yang Belum Banyak Tahu

Cara kerja SEO memang terdengar sulit bagi orang yang belum paham ataupun belum mengetahui konsep dasar SEO. Namun, bagi yang sudah mengetahui, hal tersebut justru akan terasa sangat mudah dan bisa diterapkan untuk keperluan bisnis ataupun hal lainnya.

Sebenarnya apa SEO itu? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, atau dalam bahasa singkatnya merupakan pengoptimalisasikan pencarian dalam mesin pencarian di internet.

Tujuannya adalah agar konten yang kamu angkat dapat menjadi konten teratas dalam mesin pencarian di internet. Contohnya saja, kalau kamu mencari suatu barang apapun, maka hal yang teratas langsung muncul adalah marketplace tempat jualan barang tersebut. Memang bukan barangnya, namun cara kerja SEO dari marketplace tersebut yang berhasil membuatnya muncul di kolom pencarian teratas.

Konsep Dasar Cara Kerja SEO

Bagi pemula yang banyak ingin tahu perihal SEO, kamu harus tahu langkah apa saja yang menjadi cara kerja SEO :

  1. Melakukan riset perihal kata kunci

Kata kunci atau biasa kita sebut dengan keyword merupakan hal penting yang harus dilakukan. Dengan melakukan riset ini, diharapkan konten kamu akan muncul di pencarian teratas dengan menggunakan keyword yang sedang trend.

Misalkan kamu punya tempat bermain anak, dan setelah riset kata kunci yang banyak dicari adalah tempat bermain anak yang murah. Maka kamu dapat menggunakan hal tersebut agar memaksimalkan kontenmu.

  1. Analisa data statistik dari keyword

Cara kerja SEO 1

Cara kerja SEO selanjutnya yaitu mengupayakan bekerja sesuai dengan data analytics dari tools tambahan. Kamu dapat melihatnya di Google Analytics, dan bisa melihat kata kunci atau hal apa saja yang sedang trend. Sehingga dapat diupayakan untuk masuk ke dalam kata pencarian konten kamu.

  1. Pembuatan konten yang search friendly.

Dengan memahami apa yang sedang trend dengan kata kunci yang relevan, kamu dapat membuat konten yang sering dicari. Sehingga konten mu termasuk kedalam yang paling banyak dicari, dan memiliki traffic yang tinggi.

Ketiga hal diatas hanya sebagian dari cara kerja SEO yang pemula wajib tahu sehingga selanjutnya kalian dapat memahami lebih dalam lagi.

Perlu Diingat Tentang SEO

Tujuan memahami cara kerja SEO agar konten kita memiliki traffic yang tinggi dan banyak dicari. Hal tersebut berkaitan juga dengan deskripsi SEO yang dipakai. Sebaiknya gunakan deskripsi yang banyak dicari oleh orang sehingga konten kita dapat muncul di kolom pencarian utama atau di kolom pencarian teratas.

Biasanya juga untuk menentukan sebuah deskripsi tersebut supaya  tahu ramah untuk mesin pencarian atau tidaknya, para SEO specialist melakukan analisis terlebih dahulu. Analisis SEO yang dilakukan biasanya akan menggunakan tools yang ada.

Contohnya saja menggunakan Google Analytics. Dengan menggunakan tools Google Analytics, disitu akan muncul hasil-hasil analisa dan juga statistic yang berkaitan tentang kata kunci ataupun konten yang sedang naik daun.

Traffic yang dihasilkan oleh SEO ini ada tiga jenis yaitu, traffic yang berkualitas, traffic yang kuantitasnya tinggi, serta traffic organic yang dimana orang tidak sengaja digiring untuk masuk ke website tersebut.

Perihal jenisnya pun ada dua, yaitu onsite SEO dan offsite SEO. Pembedanya yaitu jika onsite SEO adalah pengoptimasian dari hal apa saja yang terdapat dalam website. Sedangkan untuk offsite SEO yaitu upaya yang dilakukan secara offline untuk membantu onsite SEO, contohnya kegiatan marketing, humas, iklan, dan lain sebagainya. Mempelajari mengenai cara kerja SEO sangatlah menarik dan bermanfaat. Hal tersebut dapat kamu manfaatkan untuk memaksimalkan konten atau bisnis yang kamu akan kembangkan.

Untuk kamu yang belum memiliki website, kamu bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Cv. Exito Bali, yang telah diakui banyak orang menjadi Jasa Pembuatan Website Terbaik Terpercaya karena sudah berpengalaman lebih dari 8 Tahun di Bidang Online Marketing Agency.