Pengertian Kecepatan Definisi dalam Olahraga Menurut Para Ahli dam Jenis – Jenisnya

Pengertian Kecepatan Definisi dalam Olahraga Menurut Para Ahli dam Jenis - Jenisnya

Pengertian Kecepetan

Kecepatan merupakan komponen fisik yang mendasar, sehingga kecepatan merupakan faktor penentu dalam olahraga seperti lari jarak pendek, renang, seni bela diri dan permainan olahraga. Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan serupa dalam waktu sesingkat-singkatnya atau menempuh jarak dalam waktu sesingkat-singkatnya (Mochamad Sajoto 1988:21).

Pengertian Kecepatan Menurut Para Ahli

Menurut Treadwell (1991) yang dikutip oleh Saifudin (1999: 1-11), kecepatan tidak hanya mengacu pada kecepatan tubuh total, tetapi mengacu pada waktu reaksi pemain terhadap suatu rangsangan. Kemampuan ini menciptakan jarak yang lebih pendek untuk menggerakkan tubuh. Kecepatan tidak hanya berarti menggerakkan seluruh tubuh dengan cepat, tetapi juga dapat menggerakkan anggota tubuh dalam sekejap. Dalam lari cepat, kecepatan lari ditentukan oleh gerakan kaki berturut-turut yang dilakukan dengan cepat, dan kecepatan bola ditentukan oleh pendeknya kaki pada jarak tendangan.

Kecepatan anggota tubuh seperti lengan atau kaki juga penting untuk mempercepat benda luar seperti sepak bola, basket, tenis, diskus, bola voli, dll. Kecepatan tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu kekuatan, waktu reaksi dan kelenturan (Harsono 1988: 216). Untuk melakukan suatu kecepatan gerak diperoleh jarak per satuan waktu (m/s), misalnya 100 km per jam atau 120 meter per detik.

Speed ​​mengacu pada kecepatan gerakan saat melakukan suatu skill, bukan hanya kecepatan berlari. Gerakan kaki merupakan keterampilan fisik yang paling penting dari seorang bek dan perlu ditingkatkan. Kemampuan untuk mengubah arah pada menit terakhir adalah hal penting lainnya. Kecepatan merupakan salah satu komponen kebugaran jasmani. Menurut Mochamad Sajoto (1995: 9), kecepatan adalah kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan yang terus menerus dalam waktu yang sangat singkat.

 

Jenis – Jenis Kecepatan

Menurut Suharno (1985:31) kecepatan dalam hal ini dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:
1) Kecepatan lari cepat
Kecepatan lari adalah kemampuan organisme atlet untuk bergerak maju dengan tenaga dan kecepatan yang maksimal untuk mencapai hasil yang terbaik. Misalnya dengan pemain sepak bola saat mereka mengejar bola.

2) kecepatan reaksi
Response rate adalah kemampuan atlet dalam merespon suatu stimulus secepat mungkin untuk mencapai hasil yang terbaik. Misalnya, jika seorang pemain sepak bola menyapa operan, pemain tersebut langsung menyambutnya.

3) kecepatan gerakan
Kecepatan gerak adalah kemampuan organ tubuh atlet untuk bergerak secepat mungkin dalam satu gerakan terus menerus.

Di antara jenis-jenis kecepatan di atas, ada dua jenis kecepatan, kecepatan reaksi dan kecepatan gerak, yang sangat penting dalam kegiatan sepak bola, misalnya: seorang pemain yang meneteskan bola kemudian memberikannya kepada teman dan beberapa saat kemudian memiliki untuk maju lagi dan bola menjadi, yaitu pemain telah bergerak cepat karena harus mendahului lawan berikutnya. Dalam pertandingan sepak bola, kedua jenis kecepatan di atas digunakan, mulai dari menggiring bola, memberikan umpan kepada teman, menendang bola bahkan bergerak tanpa bola. Seorang pemain harus bergerak sesering mungkin.

 

Pengertian Kecepatan Dalam Olahraga

Menurut Dangsina Moeloek dan Arjadino Tjokro (1984:7), kecepatan diartikan sebagai kecepatan gerak yang dapat berhubungan dengan seluruh tubuh atau dengan bagian-bagian tubuh. Menurut Nurhasan (1994) yang dikutip oleh Saifudin (1999: 1-11), kecepatan gerak dan kecepatan reaksi sering dipandang sebagai ciri-ciri atlet berprestasi yang diamati pada olahraga yang memerlukan mobilitas tinggi, seperti kecepatan lari seorang pemain sepak bola. Dribble, kecepatan seorang pemain softball berlari dari satu base ke base berikutnya. Kedua gerak tipe tersebut di atas sangat diperlukan dalam kegiatan olahraga misalnya seorang pemain sepakbola pada saat menggiring bola lalu mengoper kepada kawan dan sesaat kemudian dikembalikan lagi ke depannya dan bola harus dikejar, artinya pemain tersebut sudah melakukan gerakan (movement) dengan gerakan secara cepat, karena harus mendahului lawan yang menghadang. Dalam permainan sepakbola, kedua tipe gerak di depan banyak digunakan mulai dari menggiring bola, memberikan umpan kepada kawan, saat menendang bola bahkan saat melakukan gerakan tanpa bola pun seorang pemain harus sesering mungkin melakukan gerakan (movement)

Bertolak dari teori yang telah dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kecepatan merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan reaksi, dengan bergerak secepat-cepatnya ke arah sasaran yang telah ditetapkan adanya respon. Sumber Rangkuman Terlengkap : KelasPJOK.Com