Gerakan senam lantai

Pengertian senam lantai – Senam lantai atau disebutkan floor exercise sebagai tipe olahraga yang bermanfaat untuk jaga kesehatan badan.

Berlainan dengan senam artistik yang disebut tipe olahraga prestasi dan diperlombakan pada Olimpiade, senam lantai atau gimnastik mempunyai manfaat untuk mempertahankan kesehatan badan dan pemikiran.

Senam lantai juga jadi materi evaluasi pengajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan untuk anak sekolah, baik di sekolah dasar, menengah atau atas.

Pengertian Senam Lantai

Diambil dari Britannica, senam lantai ialah latihan yang mengikutsertakan pergerakan akrobatik seperti bergulir, berputar-putar, bertopang pada tangan atau meloncat yang sudah dilakukan di matras atau di lantai.

Senam lantai juga mempunyai pergerakan yang simpel dan tidak memerlukan perlengkapan khusus. Tetapi saat sebelum menerapkannya, kamu harus ada pada keadaan sempurna.

5 Macam Gerakan Senam Lantai

gerakan senam lantai

Dalam olahraga senam lantai, setidaknya terdapat lima macam gerakan yang mesti dipelajari. Berikut shitfortrump.com beri 5 jenis pergerakan senam lantai yang bagus untuk kesehatan.

1. Sikap lilin

Salah satunya pergerakan senam lantai pertama yakni ada sikap lilin atau dikenali sebagai shoulder stand.

Cara yang dapat dilaksanakan ialah tidur telentang di atas matras. Lantas kaki lempeng rapat sementara ke-2 tangan lempeng ada di kanan dan kiri. Dengan penglihatan lempeng ke atas, angkat ke-2 kaki dan pinggul.

Jaga kesetimbangan pada sikap lilin bisa memberinya beragam faedah seperti memudahkan kram perut karena menstruasi, meregangkan otot leher dan punggung atas.

Tetapi tipe senam lantai ini seharusnya dijauhi untuk orang dengan hipertensi, hamil dan glaukoma.

2. Pergerakan kayang

Apa kamu pernah lakukan pergerakan kayang?

Gaya senam lantai satu ini ialah pergerakan badan membusur ke belakang dengan ke-2 tangan dan kaki menyangga di lantai.

Pergerakan kayang juga mempunyai faedah untuk kesehatan seperti menambahkan kelenturan badan dan tingkatkan kemampuan otot.

Tetapi sayang, kayang cukup susah dan harus pastikan status telapak tangan landing secara baik di matras.

3. Pergerakan roll depan

Pergerakan roll depan terhitung tipe senam lantai yang paling dasar.

Pergerakan ini dapat dilaksanakan dengan 2 langkah, yaitu bergulir di depan dari sikap awalnya jongkong atau berdiri.

Bergulir di depan atau forward roll dengan diawali berjongkok dengan tangan menjulur di depan dan dibuka dengan lebar pundak. Selanjutnya dorong badan di depan memakai kaki dan landing kembali dengan kaki, mengakhiri dengan berdiri.

Faedah dari roll depan akan membakar kalori dan memperoleh badan yang bagus.

4. Headstand

Saat kamu ingin lakukan pergerakan headstand, yakinkan ditemani oleh pelatih.

Untuk melakukanmya yakni membungkukkan tubuh di depan, lalu tempatkan ke-2 telapak tangan di matras. Seterusnya angkat pinggul ke atas dibarengi tubuh tegak lempeng pada matras. Lempengkan kaki ke atas dan menjaga kesetimbangan secara baik.

Di lain sisi headstand akan memberikan faedah kesehatan seperti kembalikan kesetimbangan mekanisme saraf secara baik dan memperlancar perputaran darah.

Tetapi seharusnya gaya ini tidak ditujukan untuk kamu yang mempunyai kisah hipertensi atau darah tinggi, karena saluran darah akan mengucur cepat ke arah sisi kepala dan benar-benar beresiko untuk pasiennya.

5. Pergerakan meroda

Pergerakan senam lantai seterusnya ada pergerakan meroda yang kelihatan cukuplah sederhana.

Salah satunya pergerakan senam lantai juga bisa tingkatkan kelenturan badan, kencangkan otot dan menolong memperkuat tulang.

Kamu dapat lakukan pergerakan ini dengan ambil status berdiri tegak dan buka ke-2 kaki dengan lebar pundak, lalu melebarkan ke-2 tangan ke atas dengan membuat huruf V.

Selanjutnya jatuhkkan tubuh ke salah satunya segi sampai satu tangan sentuh matras yang dituruti tangan yang lain. Kerjakan sampai status kepala di bawah dan bertopang pada ke-2 tangan.

Itulah pengertian senam lantai. Nah, setelah mengetahui kelima jenis pergerakan senam lantai dan manfaatnya, apa kamu akan latihan?

By Welly