gejala kanker mulut

Kanker mulut mungkin bukan jenis kanker yang banyak terdiagnosa. Jumlahnya hanya 2% dari seluruh kasus kanker. Tetapi bisa membahayakan bagi pengidapnya. Dan untuk itu penting mengenali gejala kanker mulut dari sejak stadium awal. Sebagaimana dijelaskan dalam laman deherba.com.

Penyakit Kanker Mulut

Meski dikatakan sebagai kanker yang jarang muncul, kanker mulut bisa sangat mematikan. Kanker mulut masuk dalam urutan ke 11 sebagai kanker yang paling banyak menyebabkan kematian dan daftar WHO.

Pada dasarnya kanker mulut jarang terjadi. Karena kanker mulut disebabkan oleh efek kontak toksin yang berlebihan pada mulut atau efek infeksi dan peradangan berkepanjangan, seperti infeksi HPV.

Kanker ini bisa muncul di permukaan gusi, dinding mulut, langit-langit, lidah hingga area bibir. Bahkan kanker juga bisa mengganggu area tonsil. Dikatakan mematikan karena dengan adanya kanker pada mulut akan menyebabkan pasien sulit untuk makan. Pasien kekurangan nutrisi hingga menyebabkan pasien semakin lemah.

Prognosis Kanker Mulut

Kemungkinan hidup kanker mulut pada dasarnya cukup tinggi selama kanker terdiagnosa sejak stadium awal. Karena pada kondisi tersebut kanker masih berkembang dalam ukuran relatif kecil sekitar 1 inci dan belum meluas, termasuk belum menyentuh kelenjar getah bening terdekat.

Kemungkinan hidup kanker mulut pada stadium awal mencapai kisaran 83%. Tentu saja dengan catatan kanker bisa terdeteksi sedini mungkin, yang artinya Anda perlu mengenali tanda-tanda kanker mulut pada stadium awal.

Gejala Kanker Mulut Stadium Awal

Dibandingkan jenis kanker lain, keberadaan kanker mulut sebenarnya mudah dirasakan dan terlihat. Karena letaknya di permukaan. Hanya saja pada stadium awal, gejala kanker mulut cenderung ringan dan tidak tampak serius. Apa saja yang menjadi gejala kanker mulut pada stadium awal?

Abses pada mulut yang tidak sembuh-sembuh

Luka pada dinding mulut adalah salah satu gejala kanker mulut. Bentuknya lebih dari sekedar sariawan biasa , karena ukurannya cukup besar dan terasa lebih dalam menuju lapisan dinding mulut dan terasa sangat menyakitkan.

Munculnya benjolan pada mulut

Selain muncul luka, gejala kanker mulut lain yang kerap muncul adalah benjolan pada permukaan dinding mulut. Benjolan cukup terlihat, terasa dan akan menimbulkan rasa nyeri bila ditekan.  Selain benjolan, kadang  juga muncul semacam penebalan pada lidah atau gusi.

Mulut terasa kaku

Sejumlah pasien mengeluhkan masalah mulut yang kaku. Efek kaku ini terjadi karena sel kanker mempengaruhi kinerja saraf pada mulut. Kadang pasien bisa jadi akan kesulitan mengunyah dan berbicara.

Noda atau pigmen pada mulut

Tanda-tanda kanker mulut lain yang bisa muncul adalah terlihatnya noda pada dinding mulut. Noda kecoklatan, merah merona atau kebiruan yang tidak kunjung hilang bisa jadi adalah tanda kerusakan pada jaringan dinding mulut akibat kanker.

Muncul sisik pada mulut

Bentuk kanker mulut lain yang kadang muncul adalah bentukan sisik pada permukaan mulut. Sisik ini adalah lapisan kanker yang muncul dan melekat pada dinding mulut. Ciri-ciri kanker mulut ini juga bisa menimbulkan efek kebas dan nyeri.

Mulut sulit merasakan

Mati rasa adalah bentuk lain dari gejala kanker mulut. Keluhan yang berasal dari kerusakan sistem saraf pada mulut dan lidah ini membuat lidah tidak lagi bisa merasakan dan semua makanan akan terasa hambar.

Gusi melunak

Gejala kanker mulut lain yang kerap pula muncul adalah melunaknya gusi. Gusi mengalami kerusakan jaringan hingga tidak lagi bisa menopang gigi. Gusi melunak dan gigi menjadi sangat mudah tanggal.

 

By Nurul K