Ada banyak jenis pengelasan yang dapat Anda gunakan untuk menyatukan bahan. Saya akan berbicara tentang pengelasan logam menjadi logam dan baja menjadi baja.

Bentuk pengelasan yang paling umum adalah:

Pengelasan umpan kawat – yang oleh beberapa orang digambarkan sebagai mig, mag, tanpa gas atau fluks.
Pengelasan busur – juga dikenal sebagai pengelasan tongkat
Pengelasan Tig –
Pengelasan gas
Pengelasan titik
Pengelasan umpan kawat juga dikenal sebagai pengelasan MIG. Istilah yang tepat adalah GMAW atau Gas Metal Arc Welding. Saat menggunakan teknik pengelasan ini, Anda memegang obor atau pistol di tangan Anda dan menekan pelatuknya. Segera setelah Anda menekan pelatuk, kawat di dalam obor akan mulai keluar. Kawat ini kemudian diarahkan ke apa yang ingin Anda las.

Nama teknis untuk pengelasan busur adalah SMAW atau MMAW. Ini adalah Pengelasan Busur Logam Terlindung atau Manual. Kali ini Anda menggunakan elektroda yang panjangnya hanya kawat pengisi yang panjangnya rata-rata sekitar 1 kaki dan dilapisi fluks. Saat Anda menggunakan batang ke atas, fluks akan terbakar dan menciptakan gas pelindung yang melindungi lasan.

Pengelasan Tig adalah teknik pengelasan yang sangat halus dan halus. Untuk ini, Anda perlu memegang obor di satu tangan dan menggunakan batang pengisi di tangan lainnya. Idenya adalah Anda perlahan memasukkan batang pengisi ke dalam lasan saat Anda melakukannya. Anda dapat mengelas dengan TIG atau GTAW, Gas Tungsten Arc Welding tanpa menggunakan batang pengisi dan cukup melelehkan dua bagian logam menjadi satu. Ini dikenal sebagai “sekering”, di mana menggunakan panas dari busur Anda melelehkan dan menyatukannya.

Dan jenis pengelasan terakhir yang Anda miliki disebut “pengelasan titik”. Ini sering digunakan untuk fabrikasi lembaran logam. Dalam tukang las Jogja kulit kacang, dua potong logam yang perlu disambung ditempatkan di antara elektroda di ujung lengan unit. Mereka datang bersama-sama dan bagian yang dilas akan berada di antara titik-titik itu. Biasanya hanya sekitar satu detik untuk ini terjadi. Hanya buzz dan selesai. Ini adalah cara yang sangat cepat untuk menyambung bagian lembaran logam. Hal-hal seperti kotak peralatan adalah contoh yang bagus dari apa yang bisa dan dilas di tempat.

Ada juga banyak jenis proses pengelasan lainnya untuk logam seperti gesekan, ultrasonik, termit dan sub busur hanya untuk beberapa nama.

Tetapi sejauh ini yang disebutkan di atas adalah yang paling umum saat ini.

By nur