Cara Mempercepat Koneksi Internet

Cara Mendaftarkan Kartu Telkomsel – Masa pandemi 2020 belum juga mereda. Di beberapa daerah seperti Jakarta dan Sidoarjo, PSBB bahkan diberlakukan kembali. Karena hal ini, kegiatan ekonomi pasti harus dimulai kembali. Untuk bisa beroperasi baik, banyak perusahaan akhirnya memberlakukan WFH bagi para karyawannya. Walaupun begitu, hal ini tidak 100% efisien sama seperti bekerja dari kantor.

Untuk WFH yang baik kondisi rumah harus kondusif. Hal ini terutama untuk kondisi internet. Apalagi beberapa jenis pekerjaan menuntut kecepatan. Jika kecepatan ini terhambat karena internet yang tidak mumpuni, banyak masalah bisa muncul dalam proses kerja.
Berikut ini Cara Mempercepat Koneksi Internet di bawah ini di koinx.id:

Gunakan Direct Connection

Cara paling sederhana untuk mengoptimalkan koneksi internet adalah direct connection. Selain menggunakan WiFi, Anda bisa menggunakan kabel LAN untuk terhubung langsung dengan modem. Walaupun penggunaan WiFi terasa lebih praktis tanpa repot dengan instalasi kabel, banyak faktor bisa mempengaruhi koneksinya. Hal seperti jarak, noise sinyal, pengaruh sinyal lain dan juga cuaca bisa menyebabkan penurunan performa koneksi WiFi.

Lakukan Reset Koneksi Modem Minimal Sehari Sekali

Modem yang terlalu lama aktif bisa menjadi panas. Saat kondisi panas, performanya akan menurun. Karena itu tidak ada salahnya mematikan modem sekitar 10 menit sebelum digunakan kembali. Jika dibiasakan dilakukan tiap hari sebelum kerja, koneksi Anda selama WFH bisa jadi lebih baik.

Mematikan dan menyalakan modem juga memastikan Cache data yang ada di dalamnya hilang dan tidak menumpuk. Beban data yang hilang membuat kinerja modem makin maksimal. Anda bisa bekerja lebih optimal dengan kecepatan modem yang tidak terhambat ini.

Matikan Berbagai Program Background yang Tidak Penting

Saat menggunakan komputer untuk WFH, Anda harus perhatikan program background yang aktif. Cara mempercepat koneksi internet yang mudah adalah dengan memantau program mana yang menyerap koneksi saat tidak aktif digunakan.

Beberapa program bisa saja melakukan akses internet saat tidak diminta. Saat ini terjadi, performa internet Anda juga akan menurun. Karena hal ini bisa mengganggu kerja, pastikan untuk mematikan program agar tidak mengganggu kinerja Anda.

Hal ini bisa dicek melalui Task Manager. Lihat pada status networking program mana saja yang aktif dan mengakses hal tersebut. Jika program terhitung tidak penting (Steam, Spotify, WhatsApp, Microsoft Store, dll), Anda bisa matikan langsung dengan klik kanan nama program di list Task Manager dan pilih End Task.

Pastikan OS Tidak Memiliki Akses Update Tanpa Izin

Saat didiamkan saja, Operation System atau OS biasanya akan melakukan update otomatis. Update ini terkadang tidak memberi peringatan sama sekali pada user. Jika tidak diatur baik, proses update bisa terjadi saat Anda sibuk WFH. Update akan lebih diutamakan oleh komputer dan terkadang hal ini menyerap kecepatan internet karena download.

Selain itu, proses update sendiri membuat hardisk, ram dan CPU bekerja ekstra. Selain melambat dari segi internet, update juga membuat proses program melambat juga. Dalam situasi ini, Anda tidak bisa bekerja dengan baik. Koneksi yang terganggu update pasti membuat meeting putus–putus dan tidak optimal. Kinerja komputer juga menurun padahal situasi Anda sedang fokus kerja.

Daripada mengalami berbagai masalah ini, pastikan atur baik Windows Anda agar tidak sembarangan update. Setting ini bisa diakses lewat Start > Menu Setting > Update & Security. Di menu ini, Anda akan temukan beberapa pilihan update yang bisa diatur. Pastikan posisi pilihan update harus minta izin Anda dulu sebelum melakukannya. Selain itu Anda bisa mengatur active hour agar untuk merefleksikan waktu kerja Anda. Saat active hour, Windows tidak akan melakukan update otomatis kecuali darurat.