Sat. Jun 19th, 2021

main image

Di Februari 2021 kemarin, Xiaomi resmi merilis flagship terbarunya di Ipasar Global, termasuk di Indonesia, yaitu Mi 11. Sebagai penerus Mi 10, Mi 11 sudah bisa dibeli di berbagai e-commerce dengan harga yang sangat kompetitif, yakni Rp 9.999.000. Meskipun tidak sampai Rp10 juta seperti kebanyakan smartphone di kelas premium, namun Mi 11 ini bukanlah smartphone yang main-main urusan spesifikasi dan keunggulan.

Secara umum, Mi 11 mempunyai banyak peningkatan dari generasi-generasi sebelumnya, termasuk di sektor layar, fitur, kinerja, sampai dukungan teknologi mutakhir. Buat yang penasaran, berikut ini adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Mi 11 ini. Yuk disimak.

Kelebihan Mi 11

·         Dapur pacu Snapdragon 888

Mi 11 adalah smartphone pertama yang menggunakan Snapdragon 888 sebagai dapur pacunya. Teknologi buatan Qualcomm ini akan memberikan efek yang luar biasa baik untuk keberlangsungan pemakaian penggunanya karena pengguna akan dimanjakan dengan berbagai macam kemampuannya. Teknologi yang disematkan di Mi 11 ini adalah Qualcomm Kryo 680 yang berarsitektur ARM Cortex-X1 dan Adreno 660 yang diproses menggunakan teknologi pabrikasi 5 nm. Karena adanya teknologi ini, menggunakan Snapdragon 888 sebagai dapur pacu di smartphone ini bahkan mampu mendorong skor perolehan AnTuTu Mi 11 hingga tembus angka 745.942 dalam pengujian internal yang dilakukan oleh Xiaomi Indonesia.

Berkat skor tinggi tersebut, pengalaman bermain game atau multitasking yang berat juga bisa terasa maksimal ditambah dengan dukungan RAM LPDDR5 hingga sebesar 8 GB.

·         Sektor layar

Sektor layar juga jadi keunggulan dan peningkatan yang ditunjukkan oleh Mi 11. Mi 11 dibekali dengan layar AMOLED E4 beresolusi WQHD+ dengan 3200 x 1440 piksel, serta tingkat penyegaran 120Hz dan sentuhan 480Hz. Dengan spesifikasi layar seperti ini, tentu bagi kamu yang gemar menonton film dan menonton streaming video akan dimanjakan dan dipuaskan.

·         Sektor multimedia

Di sektor multimedia, Mi 11 memiliki speaker ganda dengan penyetelan suara berkualitas tinggi. Teknologi ini adalah hasil garapan para pakar akustik dari tim Harman Kardon.

·         Kapasitas baterai

Mi 11 memiliki kapasitas baterai yang besar, yakni 4.600mAh. Smartphone ini juga  sudah mendukung fast charging dengan daya 55W melalui kabel, wireless charging 50W, dan juga reverse charging 10W. Ketika pengisian dari kondisi benar-benar habis, baterai Mi 11 akan terisi penuh hanya dalam waktu 45 menit menggunakan kabel atau 53 menit jika dilakukan secara wireless.

·         Fitur unggulan

Jika dilihat dari fitur-fitur unggulan yang dibekalinya, seperti Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, NFC, IR Blaster, sampai sensor fingerprint di dalam layar yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari, harga Mi 11 ini terbilang cukup terjangkau.

Kekurangan Mi 11

·         Meskipun desain splash-proof, namun tidak ada label khusus seperti IP68S.

·         Kameranya masih tergolong biasa saja dan belum masuk kategori premium. Di konfigurasi kameranya bahkan tidak ada lensa telefoto.

·         Mi 11 memiliki memori internal sebesar 256 GB dan relatif pas dan cocok untuk sekarang. Namun karena slot memori eksternal sudah hilang, maka mungkin akan jadi pertimbangan apalagi jika kamu mempunyai aktivitas dengan konsumsi penyimpanan sangat besar.

Dilihat dari banyaknya kelebihan di atas, bisa jadi bahan pertimbangan penting untuk kamu yang ingin membeli Mi 11. Namun di balik kelebihannya, Mi 11 juga memiliki beberapa kekurangan. Secara keseluruhan, Mi 11 adalah perangkat yang sangat menarik, namun sebelum membelinya, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan sisi kekurangannya.

By sartika