Sat. Jun 19th, 2021

Sebentar lagi, mahasiswa baru yang masuk akan diperkenalkan. Apakah Anda terlalu senang untuk tidak masuk universitas yang Anda dambakan dan mendapatkan gelar sebagai mahasiswa baru? Mungkin sebagian dari Anda sedikit khawatir dengan kehidupan di kampus di masa depan dan takut akan kesulitan. Salah satu kesulitan yang mungkin dialami mahasiswa baru adalah adaptasi.

Tidak semuanya bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun, Anda sebagai mahasiswa baru perlu memulai adaptasi pembelajaran karena hal itu penting untuk keberlangsungan kehidupan di kampus. Lalu bagaimana mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan mudah? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Tips Mahasiswa Baru Agar Mudah Beradaptasi

1. Mencari informasi tentang jurusan dan fakultas

Bagi Anda yang belum banyak mengetahui tentang perguruan tinggi, mungkin Anda masih awam dengan jurusan atau fakultasnya. Anda dapat memulai dengan mencari banyak informasi tentang departemen dan fakultas Anda.

Dengan ilmu dasar yang baik di jurusan dan fakultas Anda, Anda akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar kampus. Karena secara umum jurusan dan fakultas memiliki sistem yang berbeda. Jadi, biar bisa beradaptasi dengan mudah, usahakan untuk tahu banyak tentang jurusan dan fakultas kamu.

2. Membuka diri dengan orang baru

Sehingga mahasiswa baru juga harus membuat Anda memiliki cara berpikir yang baru, bukan menutup diri dengan orang lain.

Memilih yang terbaik untuk berteman bukanlah apa-apa, tapi lebih baik Anda menjalankan sendiri dengan orang-orang baru yang tahu, tahu kehidupan di kampus, serta kebutuhan Anda sendiri.

Sebab, selama kuliah, kamu tidak akan membuat tugas sendiri kan? Ada saatnya Anda bekerja dalam kelompok, menyelesaikan masalah dengan tim, dan sebagainya.

3. Jangan malu bertanya kepada senior kampus

Beberapa kampus memiliki himpunan mahasiswa dari daerah tertentu. Ini adalah tempat yang tepat bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan beradaptasi di kampus.

Namun, mahasiswa baru juga perlu dipersiapkan untuk beradaptasi. Anda bisa bertanya tentang kehidupan kampus, sistem pembelajaran, dan lainnya untuk senior di kampus.

Jangan mengira bahwa senior di kampus itu galak dan tidak suka membantu junior. Pada dasarnya para senior di kampus akan sangat senang bisa membantu bapaknya.

Ingin kuliah di Telkom University? Yuk bisa gabung bersama kami dengan mengunjungi tautan tersebut untuk info lebih lanjut.

Misalnya dengan mengenalkan mereka pada kehidupan kampus, berbagi pengalaman berorganisasi, berbagi cara belajar, dan banyak lagi yang akan bermanfaat bagi kehidupan kampus di masa depan. Jadi, jangan ragu untuk bertanya ya. Ingat pepatah memalukan jika Anda bertanya dengan cara yang salah.

4. Mengikuti UKM dan organisasi

Jika ingin beradaptasi dulu dengan kehidupan kampus, bisa memulainya dengan mengikuti UKM (Unique Student Activities) atau organisasi yang bisa menampung mahasiswa baru.

Biasanya ada beberapa klub atau UKM yang membuka perekrutan mahasiswa baru. Di sini Anda dapat belajar tentang kehidupan dan aktivitas kampus. Selain bisa bertemu teman baru, kamu juga bisa belajar dari senior yang berpengalaman.

5. Memaksimalkan potensi terbesar sebagai mahasiswa baru

Sebagai mahasiswa baru, Anda memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi banyak hal. Setelah Anda mulai memahami kehidupan kampus, Anda dapat mengembangkan potensi terbesar Anda sebagai mahasiswa baru.

Anda bisa belajar dengan baik di dalam kelas, belajar di luar kelas dan memanfaatkan fasilitas yang ada untuk meningkatkan potensi dan bakat Anda. Jadi, jangan sia-siakan masa muda Anda menjadi siswa baru untuk pulang dari sekolah ke kelas.

By ansyah