Sat. May 8th, 2021
sebab artikel tidak muncul di google

Apakah kamu sedang mencari informasi mengenai sebab artikel tidak muncul di google, serta cara mengatasinya? Kalau iya, maka kamu baca saja semua materi pada artikel ini.

Sebagaimana kita ketahui, ketika membuat artikel dengan panjang minimal sekitar 700 kata di jasa SEO, seringkali artikel tersebut tidak terindeks oleh Google. Padahal sudah memenuhi semua syarat yang mesin pencari inginkan misalnya menempatkan kata kunci merata, menamai gambar, sampai format artikel baik dan benar.

Hal tersebut tentunya merugikan kamu sebagai pemilik blog. Pasalnya masa sudah menghabiskan waktu begitu melimpah, tapi tetap saja artikel itu tidak terdeteksi oleh google. Juga ditambah trafik website kemungkinan besar menurun seketika. Berbeda situasinya jika kamu gunakan jasa ahli SEO. Masalah semacam ini kemungkinan besar tidak akan terjadi.

Ini Penyebab Artikel Tidak Muncul di Google

Lantas apa sajakah faktor yang jadi sebab artikel tidak muncul di google? Langsung saja, berikut ini adalah daftarnya :

Konten yang Copy Paste

Google sangat membenci tindakan copy paste. Saking bencinya, sistem tidak akan mengindeks bahkan memunculkan artikel ke halaman pertama, meski punya kualitas baik.

Menurut penelusuran kami, penyebab dibalik bencinya google terhadap konten copy paste cukup beragam. Salah satunya adalah semua konten bertipe tersebut dianggap melanggar kebijakan dari mereka.

Juga kalau kita berbicara mengenai hukum, baik Indonesia dan Amerika Serikat. Telah mengeluarkan Undang – Undang yang mengatur tentang hal ini. Sehingga sebagai korporasi, Google wajib mematuhinya.

Keyword Stuffing

Definisi Keyword stuffing menurut Wikipedia adalah sebuah teknik seo yang mana menempatkan kata kunci secara berlebihan pada badan artikel.

Keyword stuffing ini pada awal masa berdirinya atau terkenalnya internet di masyarakat Indonesia sering dipakai oleh para blogger karena efektif dalam mengantarkan artikel duduk pada peringkat pertama mesin pencari.

Seiring berjalannya waktu, terutama pada algoritma google versi sekarang. Keyword Stuffing ini dianggap sebagai pengancam keamanan sistem mesin pencari. Sehingga mereka pun otomatis menutup akses bahkan menghapus segala macam konten yang dibuat memakai teknik tersebut. Kemudian menjadi salah satu sebab artikel tidak muncul di google.

Domain Tidak Aktif

Meski kamu telah membeli domain, tetap saja domain tersebut tidak mampu aktif selama – lamanya. Akan ada batasan waktu dari pihak penyedia, yang mesti diperpanjang.

Mungkin saja, ketidakaktifkan suatu domain mengakibatkan pada tidak terindeksnya artikel di sistem google. Maka daripada itu, untuk mencegahnya sendiri. 1 bulan sebelum masa berlaku domain habis, perpanjanglah sesegera mungkin.

Memang sih ada beberapa domain yang di awal punya harga murah, yakni hanya 20 ribu rupiah saja. Namun ketika memperpanjang, tembus hingga ratusan ribu rupiah. Contohnya sendiri antara lain xyz, online, shop dan .id.

Sebab Artikel tidak Muncul di Google: Algoritma Google

Ada beberapa sebab artikel tidak muncul di google lainnya ialah terdapat perubahan signifikan terhadap sistem algoritma google. Mengingat atas dasar alasan keamanan, mereka selalu memperbaruinya setiap bulan.

Terkena Malware

Malware merupakan salah satu jenis virus paling berbahaya. Virus ini diketahui tidak hanya menyerang laptop maupun ponsel pintar saja. Sebuah situs pun besar kemungkinan terinfeksi oleh jenis virus satu ini.

Di mana apabila suatu situs terinfeksi olehnya, maka situs tersebut sangat lambat dalam memuat data. Tidak hanya itu, atas alasan keamanan seluru pengguna, Google pun enggan mengindeks serta memasukannya ke dalam sistem mereka.

Sebab Artikel tidak Muncul di Google: Link Tidak Natural

Membangun link merupakan salah satu prasyarat kalau kamu ingin situs tembus ke pagerank pertama mesin pencari. Sayangnya ada beberapa pengguna yang jahil dalam menempatkan link, entah itu terlalu banyak atau malah memasukan link ke situs berbahaya.

Sehingga pada akhirnya pihak google pun tidak memasukannya ke dalam sistem mereka atas dasar mengganggu keamanan sistem. Dan hal inilah menjadi penyebab lain mengapa artikel tidak muncul di google.

Salah Setting Konfigurasi

Tahukah kamu bahwa ternyata wordpress memiliki sebuah konfigurasi yang mana melarang google bot mengindeks situsmu.

Konfigurasi tersebut memang dalam keadaan tertentu sangat berguna bagi para pemilik blog. Akan tetapi kalau sekiranya blog sudah siap seluruhnya, berakibat pada berkurangnya trafik situs secara seketika. Juga berakibat tidak munculnya artikel di mesin pencari.

Cara Atasi Sebab Artikel Tidak Muncul di Google

Itulah daftar sebab artikel tidak muncul di google. Untuk sub judul kali ini, mari kita bahas tentang cara mengatasinya.

Pada dasarnya, mengatasi artikel tidak muncul ini ialah menghindari segala penyebab sebagaimana disebutkan pada pembahasan sebelumnya. Namun untuk menghindarinya, memang ada teknik – teknik khusus yang wajib diketahui. Di mana telah kami sajikan di bawah ini :

Membuat Artikel Original

Kamu sedang menemui masalah tentang originalitas konten ?. Untuk memecahkan masalah tersebut, cara paling mujarab adalah membuat artikel original.

Bagaimana cara buat artikel ori ?, ya paling utama adalah berlatih terus menerus. Tentu saja kamu juga harus membaca sekaligus memahami kaidah tata bahasa Indonesia yang telah diatur dalam peraturan menteri nomor 50 tahun 2015.

Kamu tidak bisa buatnya? satu – satunya jalan keluar yaitu menyewa jasa kepenulisan artikel. Pastikan sang penyedia jasa sudah berpengalaman selama lebih dari satu tahun di bidang tersebut. Dan pilihlah jasa yang memasang tarif murah, demi menghemat biaya.

Tempatkan Kata Kunci Senatural Mungkin

Menempatkan kata kunci senatural mungkin merupakan solusi paling ampuh mengatasi permasalahan keyword stuffing.

Definisi natural dalam konteks kalimat di atas adalah kamu harus mengetikan kata kunci sesuai dengan kalimatnya supaya nyambung. Jangan cenderung memaksakan sebab khawatir semua pesan tidak tersampaikan kepada pengguna.

Tidak hanya itu sebelum menulis artikel bertopik apapun. Tentukan berapa kali kamu bakal menuliskan kata kunci, bisa itu 5 sampai 10 kali. Tapi kami sarankan, kata kunci disebutkan sebanyak 7 kali.

 Memperbarui Masa Berlaku Domain

Dalam kesempatan sebelumnya, kami sempat menyinggung salah satu sebab artikel tidak muncul di Google adalah domain telah kadaluarsa.

Sehingga menyelesaikan permasalahan tersebut. Maka aktivasi ulang domain yang sebelumnya kamu gunakan. Dengan cara menghubungi pihak penyedia, kemudian mengirimkan uang sesuai tarif yang dipasang dan mengirimkan buktinya ke mereka.

Sekiranya harga aktivasi ulang dianggap mahal. Maka beli saja domain baru yang jauh lebih murah. Konsenkuensinya adalah kamu bakal mengalami penurunan pengunjung sangat drastis. Kemudian situs secara otomatis tidak terdaftar lagi di data base mesin pencari.

Hilangkan Malware Di Situs

Keberadaan malware sangat berbahaya untuk perkembangan situs, dan menyelesaikan permasalahan mengenai hal ini. Maka lakukanlah langkah – langkah berikut :

Pertama ialah mengidentifikasi malware dengan plugin yang disediakan pihak wordpress. Setelah mengetahui file mana yang sekiranya sudah terinfeksi. Selanjutnya hapus semua berkas tersebut secara manual sebelum menyebar ke lainnya.

Sekiranya virus sudah menginfeksi ke seluruh file terkandung dalam situs. Mau tidak mau, kamu harus menghapusnya demi keamanan. Dengan konsenkuensi sumber penghasilan menghilang dan data terhapus seluruhnya.

By skyweb