Sat. May 8th, 2021

Bali memang pulau yang cukup kecil, namun jika anda seorang turis di Bali, anda tidak akan merasa memiliki cukup waktu untuk menjelajahi semua tempat wisata di Bali dan aktivitas wisata yang menyenangkan di Bali. Sejak awal tahun 70-an hingga sekarang, wisatawan terus berkunjung ke Bali.

Saat Anda tiba di Bali, kesan pertama yang akan Anda lihat adalah sesuatu yang tidak biasa ditemukan di tempat lain. Anda akan bisa melihat banyak hal unik dalam seni atau budaya Bali.

Anda akan melihat banyak orang di Bali yang melakukan ritual keagamaan dengan menyesuaikan simbal (penyajian dengan kartu dan bunga ayaman), setiap hari dilakukan. Selain itu, terdapat banyak pura kecil di setiap rumah.

Jika Anda ingin jalan-jalan di daerah Bali & sekitarnya, bisa sewa mobil di bali dengan harga terbaik pada tautan tersebut.

Anda akan terbiasa melihat keunikan pulau Bali jika sering berkunjung ke Bali. Namun, tidak peduli berapa lama Anda berwisata di Bali, ada beberapa hal unik tentang Bali yang tidak akan Anda temukan setiap hari. Di bawah ini adalah daftar beberapa hal unik di Bali yang perlu Anda ketahui.

1. Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi merupakan perayaan Tahun Baru Saka yang dirayakan oleh umat Hindu di Indonesia, namun yang dirayakan berbeda dengan perayaan Tahun Baru dengan pernikahan, yang sebaliknya. Sebab saat Nyepi, semua kegiatan rutin terhenti dan suasana hening, yang tidak akan ditemukan di negara lain. Siapapun di pulau Bali, Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida harus tinggal di rumah atau di hotel 24 jam sehari.

Toko tutup, jalan sepi, kantor tutup termasuk Bandara Internasional Gusti Ngurah Rai ditutup untuk semua penerbangan dalam waktu 24 jam. Kondisi sepi mulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore keesokan harinya. Namun, ada pengecualian yang hanya diperbolehkan untuk pasukan keamanan dan ambulans.

2. Pawai Ogoh-Ogoh

Sehari sebelum Nyepi ada prosesi Hindu Bali yang disebut Ngerupuk / Pengerupukan. Ritual Pengerupukan dilakukan di setiap desa di pulau Bali. Di malam hari penduduk setempat akan melakukan parade Ogoh-Ogoh di jalan raya.

Lalu apa itu Ogoh-ogoh? Ogoh-ogoh merupakan salah satu jenis patung raksasa namun terbuat dari bahan yang ringan sehingga mudah untuk diminum. Untuk kusen ogoh-ogoh menggunakan kayu dan untuk bentuknya menggunakan styrofoam kemudian dilapisi kertas dan kain, agar mudah diarak. Sekarang ada banyak bentuk Ogoh-ogoh, yang umumnya termasuk raksasa.

3. Pura di Tengah Danau

Bali merupakan daerah tujuan wisata yang identik dengan seni dan budaya yang unik, salah satunya adalah daya tarik pura. Saat berwisata di Bali, Anda akan melihat banyak sekali pura, mulai dari pura kecil hingga pura besar. Namun ada satu Pura di Bali yang sangat unik yaitu Pura Ulun Danu yang terletak di Danau Beratan Bedugul.

Tidak hanya letak Pura Ulun Danu yang unik, letak pura yang berada di dataran tinggi membuat udara sejuk pasti terasa bahkan di siang hari. Karena keunikan letak Pura Ulun Danu di Danau Beratan Bedugul, maka foto Pura Ulun Danu Beratan pasti akan muncul di media promosi pariwisata di Bali. Pura Ulun Danu Beratan, bagi wisatawan yang berwisata ke Bali sudah pasti menjadi tujuan wisata Bali.

4. Ngaben / Plebon

Salah satu keunikan Bali di mata dunia adalah upacara Ngaben. Ngaben atau Pelebon (bagi yang berkasta) adalah upacara ngaben di Pulau Bali dan merupakan salah satu upacara penting dalam tradisi budaya Hindu Bali. Yang membuat upacara ngaben terlihat unik di Bali adalah sarana pengangkutan jenazah dari rumah ke tempat kremasi, menggunakan istilah “Wadah” dalam bahasa Bali yang artinya tempat.

Umumnya ada dua bentuk wadah, yang satu berbentuk seperti candi kecil dengan ukiran dan dekorasi yang terlihat sangat bagus. Yang lainnya berbentuk seperti binatang, biasanya berbentuk sapi. Untuk wadah berbentuk candi, akan digunakan untuk mengangkat jenazah dari rumah ke krematorium.

Sesampai di tempat kremasi, massa akan diturunkan dan kemudian dipindahkan ke wadah berbentuk sapi. Wadahnya sangat besar, dan untuk membesarkannya membutuhkan banyak tenaga manusia.

Setelah prosesi ritual selesai, api besar mulai menyala. Bagi umat Hindu Bali, proses kremasi sangat penting dan diyakini akan memudahkan arwah almarhum untuk mencapai lokasinya sesuai hasil perbuatannya selama masih hidup.

5. Penjor

Jika Anda berwisata ke Bali saat Galungan, Anda akan bisa melihat dekorasi unik berupa tiang bambu di sepanjang jalan utama yang disebut Penjor. Di mata wisatawan, Penjor merupakan tradisi budaya yang unik di Bali. Dekorasinya terbuat dari bambu utuh dan bambu itu didekorasi menggunakan selebaran dan dekorasi lainnya.

Di ujung Penjor terdapat hiasan bunga bernama Sampian. Hiasan bunga digantung dengan daun yang diikat sehingga digantung panjang. Setelah Penjor mendekorasi selesai, pihak Bali akan memasang tiang bambu di depan rumahnya.

By ansyah