Bahan-bahan di Shampoo untuk Rambut Ketombe

Rambut berketombe memang menjadi masalah yang sangat menganggu, apalagi bagi Anda yang sering bertemu dengan banyak orang. Tentu saja ini menjadi salah satu masalah yang perlu diatasi dengan sangat cepat. Cara paling sering digunakan adalah dengan keramas menggunakan shampo untuk rambut ketombe yang banyak dijual dipasaran.

Di dalam shampoo ini terdapat bahan-bahan yang memang diperuntukan untuk mengatasi ketombe. Di mana ketombe sendiri juga disebabkan oleh beberapa hal. Setiap penyebab sendiri memiliki treatment sendiri yang sekiranya bisa membantu mengatasi ketombe.

Penyebab Rambut Berketombe

Berikut ini adalah penyebab kenapa rambut dapat berketombe:

1.       Kulit iritasi dan berminyak

Penyebab ketombe yang satu ini sendiri paling sering terjadi. Jika ketombe disebabkan oleh kulit berminyak dan iritasi, maka tandanya adalah kulit memerah dan berminyak serta ditutupi sisik-sisik putih atau kuning.

2.       Tidak rajin keramas

Penyebab lain mengapa kulit kepala bisa berketombe adalah tidak rajin keramas. Hal ini sendiri dikarenakan saat Anda membersihkan area kepala maka kotoran akan terangkat, di mana kotoran inilah yang akan menjadi ketombe.

3.       Malassezia

Untuk penyebab yang satu ini sendiri termasuk ke dalam jamur, yang mana sering dialami oleh orang dewasa. Di mana inilah yang membuat sel kulit kepala lebih cepat tumbuh dan membuat rambut menjadi berketombe.

4.       Kulit kering

Jika masalah yang terjadi karena kulit kering, maka seripihan kulit mati biasanya kecil-kecil dan tidak berminyak.

5.       Sensitive terhadap produk-produk tertentu

Penyebab lain yang bisa membuat kulit kepala berketombe adalah sensitive terhadap produk-produk tertentu. Di mana hal ini akan membuat kulit kepala menjadi gatal, memerah dan akhirnya bersisik.

Bahan yang Ada Di Shampoo Untuk Rambut Ketombe

Di bawah ini adalah beberapa bahan yang ada di dalam shampo untuk rambut ketombe:

  1. ZnPTO

Bahan pertama yang biasanya ada di dalam shampoo untuk mengatasi rambut berketombe adalah Zink phyritione. Bahan yang satu ini sendiri memang sudah semenjak dulu digunakan untuk mengatasi ketombe. Di mana memang sangat efektif sekali memperlembat pertumbuhan Malassezia yang sering kali menjadi penyebab ketombe.

  1. Climbazole

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jamur menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe karena kurang bersih ketika keramas. Namun, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan shampoo yang didalamnya terdapat bahan Climbazole. Biasanya climbazole sendiri dicampur dengan ZnPTO agar hasilnya maksimal. Kedua bahan ini sendiri terdapat di shampoo Sunsilk anti ketombe yang dapat Anda temukan di pasaran.

  1. Lavender

Salah satu jenis bunga yang satu ini sendiri ternyata sangat efektif untuk mengatasi ketombe. Ketombe yang disebabkan karena kulit kering dan gatal dapat Anda basmi dengan menggunakan shampoo yang mengandung lavender. Di mana memang lavender memiliki kandungan untuk melembabkan dan mengurangi rasa gatal.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang penyebab ketombe serta bahan-bahan shampo untuk rambut ketombe yang dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah ini.