Tue. Jun 22nd, 2021
Permainan Lari Tempurung

Permainan Lari Tempurung

Permainan lari tempurung merupakan salah satu permainan bertajuk tradisional yang sudah sangat jarang ditemukan saat ini. Permainan lari tempurung sesuai dengan namanya, menggunakan teknik berlari dalam memainkannya. Permainan lari tempurung ini salah satu permainan yang biasa dimainkan oleh anak-anak usia Sekolah Dasar. Tak jarang pula permainan ini juga rutin diadakan sebagai salah satu perlombaan di antara banyak lomba lainnya ketika perayaan hari kemerdekaan diselenggarakan.

Meskipun termasuk ke dalam permainan kuno, namun permainan lari tempurung juga menyimpan filosofi, manfaat yang beragam di dalamnya. Jadi, permainan lari tempurung ini tidak bisa disepelekan dengan dianggap sebagai permainan sepele yang tidak berfaedah, ya. pada artikel kali ini, kami akan menjabarkan dengan rinci tentang permainan lari tempurung ini. simak dengan baik, ya.

Sejarah Permainan Lari Tempurung

Permainan lari tempurung memiliki sejarah yang berbeda-beda sesuai dengan berbagai pendapat yang dipercayai. Namun, sebagian besar orang mempercayai satu teori ini. yang mengatakan bahwa tempurung kelapa melambangkan kekayaan alam Indonesia berupa luasnya lautan. Sedangkan lari tempurung sering diimplementasikan bahwa dulunya rakyat Indonesia tidak memiliki alas kaki yang layak untuk berjalan.

Jadi, untuk menghargai dan selalu mengingat perjuangan mereka, diciptakan sebuah permainan lari tempurung yang rutin diadakan setiap tanggal 17 Agustus, tahun dimana di tanggal tersebut merupakan hari peringatan kemerdekaan Indonesia.

Alat, Bahan dan Cara Memainkan Permainan Lari Tempuring

Alat yang dibutuhkan untuk bisa bermain permainan lari tempurung ini yaitu sebuah tempurung kelapa berjumlah satu buah yang diperuntukkan untuk satu orang saja. Kemudian sebuah tali untuk pengikat. Bisa menggunakan tali raffia atau tali yang terbuat dari plastic. Untuk bahan, kamu juga membutuhkan palu dan paku untuk membuat lubang pada tempurung kelapa.

Tata cara bermain lari tempurung adalah, tempurung yang telah dibelah jadi dua, sama-sama dihadapkan ke arah bawah. Kemudian tali yang terpaut dengan tempurung ditarik ke atas dan dipegang dengan kedua tangan. Masukkan sela antara jari jempol dan telunjuk kaki ke tali. Layaknya sebuah sandal biasa. Kemudian bersiap untuk lomba. Ketika aba-aba sudah dimulai, maka kamu harus berlari dengan cepat dna tidak jatuh untuk bisa mendapatkan gelar pemenang.