Agustus Tahun 2020 menjadi awal mula BUMN berupaya membantu UMKM melek digital yaitu dengan hadirnya Platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah yang bernama Pasar Digital UMKM. Semenjak peluncurannya dengan topik pengadaan barang dan jasa BUMN serta jual barang dan jasa BUMN menjadi tombak kebahagiaan UMKM yang sangat antusias untuk bergabung di dalamnya.

Keunggulan platform digital jual barang dan jasa Pemerintah ini, tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga para pelaku usaha UMKM untuk memperoleh calon konsumen untuk membeli produk mereka. Feedback dan penilaian produk secara transparan dari pihak BUMN saat membeli produk UMKM juga menjadi keunggulan lainnya yang dimiliki platform digital ini, disaat pembeli percaya dan senang tentang produk tersebut maka pembeli lain akan berdatangan untuk membeli produk yang memiliki penilaian terbaik tersebut.

Platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini hadir di tengah para pelaku usaha UMKM di Indonesia untuk memudahkan para pelaku UMKM berdagang secara online. Kementerian BUMN serta para UMKM lokal menyambutnya dengan penuh antusias. Keberadaan platform digital jual barang dan jasa pemerintah ini diharapkan mampu membantu para UMKM lokal agar dapat go digital dan bertahan di situasi sulit sekarang ini. Namun, apakah toko yang di daftarkan masih sepi pengunjung?

Dikutip dari Media Sosial PaDi UMKM (02/01/20), PaDi UMKM memilki tips untung besar di akhir tahun dengan beberapa ide bisnis yang wajib diterapkan agar ketika menyambut tahun 2021 siap untuk meraup untung besar. Simak tips berikut ini ya.

Pertama, untuk ide bisnis yang wajib dicoba menjelang akhir tahun agar lebih untung dan produk ialah bisnis percetakan. Bisnis percetakan tersebut berupa kalender, kartu nama, dan materi promo lain yang biasanya diperbaharui di akhir tahun. Kalender tentu sangat dicari beberapa orang karena mereka memerlukan untuk keperluan pribadi maupun untuk dipakai di kantor masing-masing. Untuk kartu nama, beberapa orang juga banyak yang ingin merubah bentuk kartu nama mereka maupun penawaran di dalamnya yang bisa diperkenalkan ke orang lain.

Kedua, untuk ide bisnis yang wajib dicoba menjelang akhir tahun agar makin untung terus adalah bisnis pakaian. Tahun baru menjadi ajang beberapa orang membeli pakaian baru agar dapat menyambut tahun baru dengan gaya yang stylish serta menarik saat bertemu rekan dan keluarga pada hari sukacita tersebut. Tidak heran, beberapa produsen baju terkenal menjual koleksi baju mereka dengan potongan harga yang fantastis baik itu produsen dari luar maupun dari dalam negeri.

Ketiga, ide bisnis yang menarik dilakukan di akhir tahun agar untung terus adalah bisnis catering dan kue. Bisnis ini merupakan yang paling dicari saat tahun baru dan natal karena beberapa orang merayakan perayaan tersebut dengan keluarga dan rekan baik itu dirumah ataupun di resto favorit. Kue yang menarik untuk menjamu tamu maupun keluarga pastinya paling banyak dikonsumsi agar rekan dan keluarga yang dijamu menyukainya.

Dari beberapa bisnis berikut ini tentunya semuanya layak dan menarik untuk dicoba, jangan lupa perhatikan kualitas dan juga tampilan saat mempromosikannya. Bisnis ini juga sebenarnya bisa dicoba sampai tahun berikut berikutnya karena bisnis ini sudah menjadi pilihan beberapa orang untuk berbisnis.