Tue. Jan 19th, 2021
stepdantrentcar.com mobil sinar matahari

Sepanjang menjadi penyedia jasa rental mobil Jakarta selatan kami mengalami sebuah anomali tentang kondisi Cuaca di wilayah Jakarta yang bisa dibilang cukup panas. Temperatur udara dapat capai 35 derajat celsius. Temperatur tinggi, udara panas, dan pancaran cahaya matahari yang menusuk rupanya dapat memberi dampak jelek pada mobil jika kerap diparkirkan di atas lapangan terbuka dan dalam kurun waktu beberapa jam.

stepdantrentcar.com mobil sinar matahari

Untuk exterior, warna cat mobil akan cepat sirna dan kusam jika kerap terjemur matahari dalam waktu yang lama. Disamping itu, sisi karet di wiper dapat mengeras dan hancur dan dapat mengakibatkan baret pada kaca saat digunakan. Untuk interior, temperatur dalam kabin menjadi sangat tinggi sampai 70 derajat Celsius.

Disamping kurang nyaman, temperatur tinggi bisa punya pengaruh pada cat dashboard mobil. Biasanya pengendara akan menghidupkan AC dengan temperatur tinggi supaya temperatur mobil cepat turun yang pasti hal tersebut membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Bagaimana menangani ini? Upayakan supaya sedapat mungkin mobil di parkirkan di tempat yang terlindung seperti lantai dasar atau gedung parkirkan beratap . Sebagian orang kemungkinan berasa malas bila harus parkirkan dalam gedung, walau sebenarnya posisi itu benar-benar disarankan supaya mobil masih terurus baik.

Bila parkirkan di dalam rumah tiada garasi, karena itu dapat diberi atap kanopi supaya mobil tidak terserang cahaya matahari langsung. Andaikan posisi tidak mungkin dan harus tetap memarkir kendaraan di atas lapangan terbuka, coba cari posisi yang sejuk seperti pada bawah pohon.

Di saat kendaraan Anda diparkirkan di tempat terbuka, seharusnya:

  1. Tegakkan wiper depan dan belakang (bila ada)Kaca mobil ialah pemantul panas yang bagus dan jika wiper didiamkan lagi melekat pada kaca yang panas, karena itu wiper akan mejadi cepat hancur, mengeras, dan tidak akan rata.

 

  1. Membuka sedikit kaca samping sampai pemisah side visorJika posisi parkirkan cukup aman, sistem buka kaca samping depan dan belakang sampai batasan side visor, bisa memberi perputaran udara yang cukup supaya mobil tidak mejadi benar-benar panas dan sesak. Anda juga tidak harus meningkatkan tingkat AC semakin tinggi waktu kembali pada mobil. Langkah ini dapat mengirit bahan bakar. Bila mobil Anda tidak mempunyai side visor, tidak ada kelirunya menyisihkan sedikit uang untuk memasangnya sebab manfaatnya yang bagus. Kecuali untuk perputaran udara pada musim kemarau, di musim penghujan side visor ini berperan untuk kurangi desakan atas hempasan hujan dan angin kuat dari segi samping mobil.

 

  1. Lapisi dengan kaca film yang mempunyai filter UVKaca film dengan filter UV benar-benar condong tambah mahal, tetapi tentunya mempunyai peranan yang lebih maksimal dalam menghindar dampak jelek matahari di kabin.

 

  1. Teratur poles bodi mobilJadikan pemolesan warna pada tubuh mobil jadi salah satunya perawatan teratur mobil Anda. Dengan pemolesan, cat akan mempunyai perlindungan hingga tidak cepat kusam waktu terjemur matahari. Sekarang ini banyak salon mobil yang sediakan beberapa paket perawatan pada harga dapat dijangkau.