Resep Nasi Liwet Magicom yang Praktis, Bikinnya Gak Pakai Lama

Indonesia memiliki banyak wisata kulinernya, bahkan beberapa tempat memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri. Salah satunya yaitu suku Sunda yang juga terkenal dengan beberapa makanan khas. Resep masakan sunda, yang khas dengan lalapan dan sambalnya yang sedap dan lezat. Resep masakan sunda cukup sederhana dan praktis ditambah tidak sulit. Agar bisa menikmati masakan khas Sunda sekarang tidak perlu pergi ke Jawa Barat hanya untuk mencicipi masakan Sunda. Kamu bisa membuat resep masakan sunda untuk disajikan kepada keluarga, berikut di bawah resep-resep masakan sunda.

  1. Nasi Liwet

Bahan-bahan yang diperlukan, yaitu beras 3 cup, air secukupnya, bawang putih 3 siung iris tipis, bawang merah 5 siung iris tipis, daun salam 4 lembar, serai 2 batang memarkan, minyak sayur, dan garam.

Selanjutnya cara membuat nasi liwet, pertama cuci beras hingga bersih terlebih dulu, lalu tumis bawang putih, daun salam, bawang merah, serai dan tambahkan garam. Kemudian tumis sampai harum. Lalu tuangkan beras yang sudah dicuci tadi, tambahkan air secukupnya dan aduk rata. Terakhir, masak beras sampai pulen. Nasi liwet sunda sudah jadi.

  1. Sayur Kacang Merah

Pertama siapkan bahan-bahannya, yaitu kacang merah 250 gram, buncis 10 buah, tomat 1 buah, air 1 liter, terasi, daun salam 1 lembar, garam 1 sdt, asam jawa 1 sdt, gula merah 2 sdt, bawang merah 2 siung, dan bawang putih 1 siung

Kedua, cara memasak sayur kacang merah, yaitu bersihkan kacang merah, rendam sebentar kemudian rebus sampai menjadi setengah empuk. Lalu masukkan buncis, bawang putih dan bawang merah yang diiri halus. Kemudian, masukkan asem jawa, gula merah, dan garam. Rebus sayur sampai memiliki aroma wangi dan kacang menjadi empuk. Lalu masukkan terasi dan tomat, tunggu selama 5 menit dan sayur kacang merah telah jadi.

  1. Petis Bandung

Bahan-bahan yang diperlukan, yaitu tahu kuning 10 potong, tauge ¼ kg, kacang tanah ¼ kg, bumbu petis ½ sdt, seledri 1 batang, cabe rawit ½ ons, gula merah 1 buah, jeruk purut 1 buah, kencur ½ ons, garam, mentimun ¼ buah, dan bawang putih 3 siung.

Cara memasaknya, pertama potong tahu menjadi 4 bagian, goreng kering dan sisihkan. Goreng kacang tanah sampai berwarna coklat dan rebus tauge. Lalu haluskan bawang putih, cabe rawit, dan kencur. Masukkan garam, gula merah, dan kacang tanah yang telah digoreng. Tambahkan bumbu petis. Masukkan air jeruk purut dan air panas sepertiga gelas, lalu aduk rata. Setelah disiramkan di atas tahu yang sudah digoreng, potong mentimun dan taruh di atas tahu bersama tauge. Kemudian tambahkan seledri dan bawang goreng.

  1. Mie Kocok Cirebon

Bahan-bahan yang perlu disiapkan, yaitu tauge 250 gram, kol 250 gram, dada ayam 1 potong, santan kara 1 kotak, merica, garam, daun bawang, telur rebus 3 butir, cabai rawit, dan sagu 2 sdm.

Kemudian cara memasaknya, pertama rebus dada ayam sampai matang, lalu angkat. Kemudian masukkan cabe, sagu yang sudah kental, dan telur rebus. Lalu aduk sampai rata. Jangan lupa tambahkan santan, dan aduk rata, serta berikan garam dan merica. Kemudian rebus tauge, mie, kol, dan daun bawang. Sajikan di atas piring dengan bumbu sagu. Kemudian aduk jadi satu dan mie kocok telah jadi.

By sartika