Wed. Nov 25th, 2020

Kebanyakan dari kita sangat mengenal rayap bawah tanah. Namun, seperti diketahui, rayap bawah tanah bukanlah satu-satunya spesies rayap di bumi. Semua rayap memakan kayu, jadi semua jenis serangan perlu mendapat perhatian serius.

Selain spesies di bawah tanah, ada yang disebut rayap kayu kering dan rayap kayu basah. Namanya sesuai dengan jenis kayu yang dihuni. Ciri bawah permukaan adalah hidup di dalam tanah, sehingga di Indonesia lebih dikenal dengan rayap bawah tanah.

Ketika Anda melihat koloni rayap muncul dari tanah, Anda dapat yakin bahwa mereka termasuk spesies ini. Rayap tanah membutuhkan terowongan, atau terowongan lumpur dan tanah, untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembapan karena rayap ini membenci panas dan kekeringan.

Rayap kayu kering

Rayap kayu kering adalah spesies yang suka menghuni kayu kering. Meskipun strukturnya kuat, ia memiliki kemampuan meninju kayu yang sangat baik. Ciri lainnya adalah rayap kayu kering tidak membutuhkan tanah sama sekali.

Mereka hidup dari kayu dan menjadikannya sebagai sumber makanan. Jenis ini juga tidak membutuhkan kelembapan berlebih untuk bertahan hidup.

Mereka mendapatkan kebutuhan cairan itu langsung dari kayu yang mereka konsumsi. Tak heran rayap kayu kering bisa menjadi ancaman besar bagi rumah, terutama furnitur kayu, karena kemampuan adaptasinya yang luar biasa.

Rayap kayu basah

Jenis rayap ini kebalikan dari rayap kayu kering. Mereka juga hidup dan makan di atas kayu, tetapi favorit mereka adalah kayu dengan kelembapan tinggi. Biasanya kayu ini bisa Anda temukan di hutan. Ya, batang kayu yang mati karena usia atau faktor lain perlahan membusuk. Setelah strukturnya melemah, rayap kayu basah masuk dan mulai memakannya.

Rayap ini tidak membutuhkan kontak dengan tanah sama sekali, jadi tidak perlu mereka, seperti sepupunya, rayap bawah tanah, membuat terowongan ke dalam tanah. Dari segi persebaran rayap Wetwood bisa dibilang sangat terbatas. Pola makan mereka sangat spesifik yaitu kayu busuk. Jadi, jika Anda melihat rayap menggerogoti meja atau lemari kayu di rumah Anda, kemungkinan besar itu bukan karena rayap kayu yang lembap.

Tahukah Anda keberadaan rayap

Infestasi rayap umumnya dikaitkan dengan munculnya kawanan atau rayap bersayap. Ini merupakan formasi rayap dewasa yang bertujuan untuk memperbanyak atau meregenerasi koloni. Bentuk rayap bawah tanah dewasa dikenal dengan istilah laron di Indonesia.

Semua spesies rayap memiliki kelompok ini dalam koloninya, hanya saja sifat fisiknya berbeda. Keberadaan rayap juga dapat dideteksi pada kotorannya. Rayap kayu kering mengeluarkan kotoran yang terlihat seperti pasir atau butiran dengan warna kayu yang sama persis. Jika Anda melihat gundukan seperti itu di belakang lemari, mungkin ada rayap yang bersarang di dalamnya.

Lagi butuh jasa anti rayap semarang? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.

Rayap lebih suka menggerogoti kayu di bagian dalam sambil menjaga bagian luar tetap utuh agar bebas dari predator. Infestasi hanya bisa ditemukan jika kerusakannya sangat parah. Sementara itu keberadaan rayap Wetwood cukup sulit diidentifikasi, karena mereka lebih suka bersembunyi di batang kayu yang sulit dilihat dari luar