Wed. Dec 2nd, 2020
Ini Dia Cara Diet untuk Ibu Menyusui yang Benar

Berat badan yang meningkat setelah melahirkan membuat ibu merasa insecure, dan melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badannya. Sayangnya, diet ketat justru membuat produksi asi menurun. Lalu, bagaimana caranya agar ibu bisa diet, tetapi produksi asi tetap banyak? Di sini ibu bisa menerapkan cara diet untuk ibu menyusui dengan benar.

Ingin tahu cara diet yang benar saat ibu masih memberikan asi kepada sang buah hati? Ayo simak caranya di bawah ini.

6 Cara Diet untuk Ibu Menyusui yang Benar

  1. Sering Menyusui Si Bayi

Cara pertama yang bisa ibu lakukan untuk diet saat masih menyusui adalah dengan menyusui buah hatinya sesering mungkin. Hal ini karena selain membuat produksi asi meningkat, memberikan asi ke buah hati dengan rutin bisa membuang lemak loh. Di mana lemak yang berada pada asi dipindahkan ke buah hati.

  1. Makan dengan Teratur

Jika ibu ingin melakukan diet saat sedang menyusui, maka ibu harus makan dengan teratur. Dalam hal ini ibu masih bisa makan sesuai jadwal atau kebiasaan, tetapi ibu harus memperhatikan porsi makannya. Di mana ibu makan dengan porsi makan yang sedikit, tetapi makan dengan sesering mungkin.

  1. Makan Makanan yang Sehat

Meskipun ibu menyusui bisa melakukan diet dengan makan teratur, ibu harus memilih makanan sehat untuk dikonsumsi. Di mana ada banyak pilihan makanan sehat, seperti beras merah, sayur, daging tanpa lemak, buah, dan biji – bijian. Nah, agar ibu bisa tidak bosan dengan makanannya, ibu bisa membuat menu yang bervariasi setiap harinya.

  1. Minum Air Putih yang Banyak

Ibu bisa melakukan diet dengan mencukupi asupan air dalam tubuh, dengan mengonsumsi banyak air putih. Hal ini karena asupan air yang banyak, bisa mencegah rasa lapar yang semu. Yang mana ibu sudah merasa kenyang, namun ibu tetap ingin makan. Selain itu, asupan air putih yang banyak bisa mempercepat proses metabolisme.

  1. Hindari Kafein

Tahukah ibu, jika kafein bisa menurunkan berat badan? Hal ini karena kafein mampu mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Namun, ibu menyusui tidak boleh mengonsumsi kafein secara berlebihan.

Ada baiknya ibu menyusui justru menghindari untuk mengonsumsi kafein. Hal ini karna kafein bisa menurunkan produksi asi.

  1. Olahraga

Cara terakhir jika ibu menyusui ingin melakukan diet adalah dengan olahraga, yang tentunya tergolong ringan seperti jogging atau jalan di pagi hari bersama sang buah hati. Dengan olahraga, ibu bisa mengencangkan otot yang mengendur setelah melahirkan. Selain itu, olahraga bisa membuat massa tulang menjadi lebih padat.

Kemudian, olahraga tidak akan membuat ibu merasa gelisah saat tidur. Di mana rasa gelisah tersebut bisa membuat ibu tidak bisa tidur dan akhirnya ibu begadang semalaman. Nah, begadang inilah yang bisa membuat nafsu makan ibu justru semakin meningkat.

Nah, itu enam cara diet yang benar yang bisa ibu lakukan dengan tetap memberikan asi kepada buah hati. Semoga cara ini bermanfaat ya.