Wed. Dec 2nd, 2020
Finger Foods Untuk MPASI Usia 8 Bulan

Memasuki usia 8 bulan tentunya MPASI yang harus diberikan kepada si kecil perlu ditingkatkan dari usia sebelum-sebelumnya. Namun bukan berarti anda memberikan semuanya begitu saja lho, melainkan juga harus memahami bagaimana kemampuan perkembangan bayi. Karena pada umumnya bayi usia 8 bulan sudah mualai pandah mengunyah makanan, maka anda dapat memperkenalkan makanan finger food sebagai menu MPASI 8 bulan yang telah dihaluskan. Lalu meu finger food apa saja yang bisa diberikan untuk bayi usia 8 bulan?

Jenis-jenis finger foods untuk bayi

  1. Sayuran

Beberapa jenis-jenis sayuran yang bisa ditambahkan pada menu MPASI 8 bulan si kecil seperti tomat, labu kuning, brokoli, wortel dan lainnya. Sedangkan untuk jenis kacang-kacanga bisa mulai anda berikan ketika usia si kecil telah melewati 8 bulan nanti. Sayuran tentunya menjadi menu yang wajib ada, oleh karena itu sebaiknya pilihlah yang mudah direbus dan dipotong sesuai genggaman bayi.

  1. Buah-buahan

Buah adalah sumber mineral, vitamin dan juga kandungan mikronutien yang lengkap. Jenis-jenis buah yang bisa anda variasikan sebagai menu MPASI 8 bulan si kecil contohnya seperti kiwi, papaya, pisang, apel hingga strawberry. Anda dapat memotongnya dengan bentuk yang mudah dilahap sebagi cemilan finger foods bayi.

  1. Tahu

Tahu menjadi sumber protein yang harus ada dalam menu makanan bayi. Kandungan nutrisiĀ  penting dalam tahu sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga denngan memenuhi kebutuhan ini tentu akan sangat mendukung pertumbuhan sang bayi.

  1. Telur

Telur adalah sumber protein dan memiliki kandungan lemak yang nutrisinya juga sangat penting bagi tubuh. Namun yang perlu anda perhatikan adalah apakah si kecil memiliki allergi telur atau tidak. Jika ketika anda memberikan telur sebagai MPASI 8 bulan, kemudian tubuh si kecil memberikan tanda-tanda alergi, maka berhati-hatilah. Alergi terlur merupakan salah satu alergi yang umum terjadi pada bayi.

  1. Ayam

Sumber protein yang tak kalah penting setelah telur adalah daging ayam. Pada umumnya MPASI ayam sudah diberikan sejak usia bayi menginjak 7 bulan. Sehingga sudah dipastikan jika makanan satu ini akan masuk pada menu MPASI pada bulan-bulan selanjutnya.

  1. Ikan

Pada usia 8 bulan, si kecil juga sudah dapat mengonsumsi ikan. Beberapa ikan yang dapat anda coba berikan sebagai MPASI adalah ikan tuna atau ikan salmon yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 nya. Ikan-ikan ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kecerdasan otak anak.

  1. Keju

Keju juga menjadi salah satu camilan sehat yang dapat dikonsumsi oleh bayi berusia 8 bulan. Dengan mengonsumsi keju yang kaya akan kandungan kalsiumnya akan menunjang pertumbuhan pada bayi. Namun perlu diingat jika sebaiknya anda tidak memberikan camlilan keju secara berlebihan. Sebab hal iniĀ  dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh bayi.

Memberikan menu finger food sebagai MPASI 8 bulan dapat anda gunakan untuk mengenali reaksi alergi yang mungkin saja timbul pada bayi. Sehingga anda perlu mencatat apa saja menu yang telah diberikan dan dapat mengambil langkah yang tepat ketika bayi mengalami reaksi gejala alergi.