Wed. Dec 2nd, 2020

Seperti yang telah kita lihat, sejarah singkat domain adalah nama yang digunakan di server komputer dan lebih mudah dikenali daripada penggunaan protokol internet atau penggunaan alamat IP.

Tentu saja, ketika Anda memiliki situs web, sangat penting bahwa Anda memiliki nama domain yang akan membuat situs web Anda mudah diakses. Hal ini tentunya karena domain juga merupakan karakter atau identitas yang digunakan oleh sebuah website agar dapat dengan mudah ditemukan. Dari sejarah domain di dunia, tentunya hanya ada 6 nama domain yang ada di dunia.

Dengan perkembangan saat ini jumlah domain tentunya akan bertambah yaitu saat ini telah terdaftar 265 domain. Tentunya Anda setuju bahwa domain ini dapat digunakan untuk mendukung aktivitas Anda di Internet.

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu domain, langkah selanjutnya adalah sekarang. Kami akan membahas sedikit tentang sejarah singkat domain. Mengetahui sejarah singkat domain yang akan dibahas kali ini setidaknya akan memberikan Anda sekilas tentang sejarah domain yang sering Anda gunakan di website Anda.

Sejarah singkat domain menurut tahun

Di bawah ini adalah sejarah singkat domain dari 1985 hingga 2014:

1985

Sejarah singkat domain pertama diterbitkan pada tahun 1985. Pada tahun 1985, pada tanggal 15 Maret, domain .com pertama kali digunakan. Yang pertama menggunakan nama domain .com adalah SymbolicsInc dengan nama domain terdaftar symbolics.com. Ini menjadikan nama domain ini sebagai domain .com pertama di dunia.

Nama domain ini telah mereka miliki selama kurang lebih 25 tahun. Namun, pada tahun 2009 domain tersebut dibeli oleh XF Investments.

1995

Pada tahun 1995, pendaftaran nama domain tidak lagi gratis seperti sebelum tahun 1995, ketika pada tahun itu siapa pun yang mencoba mendaftarkan nama domain tidak dikenakan biaya atau dikenakan biaya. Kemudian National Science Foundation diberi wewenang atas biaya bagi mereka yang ingin mendaftarkan nama domain tertentu. Biaya domain saat ini sekitar $ 100 untuk mendaftar selama dua tahun pertama.

1998

Kemudian kembali ke tahun 1998 ketika Departemen Perdagangan, yang saat itu masih di bawah tekanan dari Presiden Clinton, mengeluarkan proposal yang menyertakan DNS atau Domain Name System. Dan saat ini dikuasai oleh pemerintah Amerika Serikat.

Belakangan, sebuah dokumen bernama Green Paper diproduksi di mana dokumen ini disiapkan dengan tujuan untuk meningkatkan persaingan di pasar dan mendorong partisipasi internasional yang lebih besar. Buku putih juga akan diterbitkan yang berisi kekhawatiran tentang aslinya.

2003

Kemudian pada tahun 2003 domain tersebut dimasukkan ke dalam UU PROTECT 2003, dimana undang-undang ini memberikan sanksi bagi pembuat domain yang digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan tindak pidana. Untuk pelanggar pertama, ditemukan dua situs web yang mengakibatkan pengunjung beralih ke situs web pornografi.

2007

Pada tahun 2007, domain memiliki sesuatu yang unik tentang mereka. Di mana ada domain saat itu yang telah dijual dengan harga tertinggi hingga hari ini. Dimana domain ini merupakan tempat liburan senilai 397 milyar rupiah.

Alasan membeli domain mahal ini karena tidak bisa digunakan oleh pesaing yang bersaing dengan pemilik domain ini. Dimana domain ini berhasil dijual pada tahun 2010 dengan harga sekitar Rp 147 miliar. Sungguh harga yang fantastis untuk harga sebuah domain tentunya.

2012

Nah tahun ini ada aksi unik dari seseorang bernama Mike Mann. Di sana dia mendaftarkan hampir 15.000 domain hanya dalam 12 jam. Tentunya, promosi ini gila-gilaan mengingat dia telah mendaftarkan sejumlah domain non-game dalam waktu sesingkat itu.

2013

Pada tahun 2013, internet kehabisan empat kombinasi nama untuk domain .com. Ada lebih dari 400.000 tanggal untuk empat kombinasi huruf yang digunakan pada tahun 2013. Kombinasi tiga digit didaftarkan pada tahun 1997.

2014

Sejarah singkat terakhir dari domain ada di tahun 2014. Sekarang di tahun 2014 lebih dari 100 TLD baru atau domain level teratas telah ditambahkan. Top Level Domain adalah ekstensi definitif dari domain seperti .com, .net, .org dan banyak lainnya.

Situs web baru dapat dibuat dengan menambahkan 100 TLD baru. TLD baru dimaksudkan untuk menggunakan kata-kata umum yang mudah dikenali, seperti: Misal mobil, musik dan lain-lain. Atau bahkan menggunakan nama perusahaan besar seperti Samsung dan Apple.

Ini adalah deskripsi singkat tentang domain yang harus Anda pahami. Jika Anda sudah mengetahui sejarah singkat suatu domain, Anda bisa mendapatkan wawasan tentang domain tersebut.

Jika ingin mengenai hosting apa saja yang bagus server Indonesia, bisa lihat review hosting indonesia pada tautan tersebut, dengan source detailnya: https://www.olawebdesign.com/hosting-terbaik-di-indonesia.