Wed. Dec 2nd, 2020

Jika Anda bekerja sebagai administrator untuk sebuah perusahaan, Anda mungkin tahu kata “Excel”, bukan? Program ini jauh lebih mudah digunakan daripada metode manual. Microsoft Excel tidak hanya banyak digunakan sebagai media pembelajaran di bidang pendidikan. Selama ini sebagian orang hanya menggunakannya dalam waktu singkat tanpa disadari. Apa sebenarnya arti, sejarah dan fungsi dari Microsoft Excel.

Faktanya, ada banyak program spreadsheet yang bisa Anda temukan di pencarian Google. Fungsi yang ditawarkan juga sangat menarik menurut saya. Namun nyatanya, Microsoft Excel adalah yang paling banyak digunakan.

Excel mungkin jauh lebih unggul dari program lain dalam hal efektivitas. Ada banyak hal yang ditawarkan Microsoft Corporation dalam program Excel. Untuk penjelasan lebih lanjut tentunya anda akan menemukan informasi berikut untuk memahami Microsoft Excel.

Apa itu Microsoft Excel

Microsoft Office Excel atau umumnya Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang dibuat dan dijual oleh Microsoft Corporation. Selain itu, banyak ahli yang mendefinisikan Microsoft Excel itu sendiri. Misalnya menurut Azhar (2019) yang mengatakan “Microsoft Excel adalah program aplikasi Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan numerik (aritmatika)”.

Seperti namanya, Microsoft Excel adalah bagian dari sistem Microsoft Office. Tentunya program ini dapat dijalankan di sistem operasi Microsoft Windows dan MacOS. Salah satu fungsi dari aplikasi ini adalah penghitungan dan grafik dengan strategi pemasaran agresif Microsoft.

Jadi tidak heran jika Microsoft Excel telah menjadi salah satu program komputer paling populer dari zaman dulu hingga sekarang. Diketahui juga bahwa Excel adalah program spreadsheet pertama yang memungkinkan pengguna untuk menentukan seperti apa tampilan tabel yang mereka edit. Seperti font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel.

Selain itu, Excel sendiri menawarkan banyak keunggulan antarmuka dibandingkan program spreadsheet sebelumnya. Dan juga menawarkan penghitungan ulang sel yang telah Anda kerjakan. Dengan kata lain, hanya sel yang sesuai yang diperbarui dengan nilainya.

Sejarah Microsoft Office Excel

Microsoft menciptakan program spreadsheet Multiplan yang sangat populer di sistem CP / M pada tahun 1982. Tidak demikian halnya dengan sistem MS-DOS. Mengapa demikian? Karena di bawah MS-DOS saingannya adalah Lotus 1-2-3. Dalam konteks ini, Microsoft mulai mengembangkan program spreadsheet Excel. Dengan tujuan tampil lebih baik dari Lotus 1-2-3 tentunya.

Pada tahun 1985 versi pertama Excel untuk Macintosh dirilis. Dan dua tahun kemudian, pada November 1987, ia juga merilis versi Windows-nya. Meskipun Excel adalah pesaing hebat Excel, Excel akhirnya mulai membawa Lotus 1-2-3 ke pangsa pasar spreadsheet. Dengan cara ini, Microsoft telah menjadi salah satu perusahaan terpercaya yang mengembangkan aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi.

Dengan pencapaian ini, Microsoft Excel akan terus berkembang. Diketahui bahwa Microsoft merilis versi baru Excel rata-rata setiap dua tahun. Versi Excel untuk Windows saat ini adalah Microsoft Office Excel 2019 (Excel 17), sedangkan untuk Macintosh sendiri adalah Excel untuk Mac.

Tentu saja, tidak berjalan mulus untuk mencapai tujuan yang diinginkan Microsoft. Di awal kesuksesannya dia bergumul. Misalnya, sebut saja dengan nama Excel, yang menjadi target kebutuhan perusahaan lain. Pasalnya, nama Excel juga merupakan produk software dari perusahaan lain di bidang keuangan. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel”.

Pada awal 1993, Excel pertama kali digabungkan ke dalam Microsoft Office. Microsoft sendiri telah mendesain ulang antarmuka pengguna yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint agar sesuai dengan tampilan dan nuansa Microsoft Excel. Tahun ini Excel sudah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA). Dengan tujuan memungkinkan Excel mengotomatiskan Excel dan menambahkan fungsi kustom ke lembar kerja.

Dapatkan juga download template powerpoint gratis maupun download template ppt pendidikan gratis hanya untuk kamu yang mengunjungi tautan tersebut.