Fri. Oct 30th, 2020
Tipe-tipe Mesin Kopi Otomatis dan Manual

Apabila anda ingin membuka kedai kopi ataupun kafe, tentu anda membutuhkan mesin kopi yang merupakan barang wajib yang dimiliki. Tidak perlu mesin kopi yang mewah dan mahal apabila anda berencana membuka kafe sederhana.

Asalkan mesin kopi yang dipilih mampu menghasilkan espresso untuk mengolah biji kopi atau bubuk kopi menjadi secangkir kopi yang nikmat. Mesin kopi terdiri dari banyak tipe sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Anda yang sudah yakin ingin membuka usaha coffee shop sebaiknya memahami setiap jenis mesin kopi terlebih dahulu.

Mesin Kopi Tipe Super-automatic

Apabila anda belum memiliki barista dan masih bekerja sendiri, tidak perlu khawatir karena mesin kopi ini akan membantu anda dalam menggiling, memadatkan, dan memanaskan kopi sekaligus. Untuk cara penggunaannya juga sangat mudah hanya perlu menekan 1 tombol saja. Mesin akan otomatis membuat kopi sesuai dengan menu yang anda pilih. Namun tentu anda perlu menyiapkan budget yang sangat tinggi untuk mendapatkan mesin kopi yang satu ini.

Mesin Kopi Tipe Automatic

Mesin kopi automatic memiliki desain bergaya modern yang pastinya akan membuat kafe anda terlihat lebih keren. Mesin tipe ini juga sering disebut sebagai mesin pod coffee. Banyak yang menyukai mesin tipe ini karena penggunaannya yang sangat praktis hanya dengan memasukkan satu kapsul kopi dengan varian yang ingin diminum.

Salah satu merk mesin kopi ini yang paling diminati dan populer yaitu Nescafe Dolce Gusto. Selain mesin, Dolce Gusto juga hadir dengan kapsul kopi dengan varian rasa yang lengkap dan pastinya rasanya yang juga nikmat.

Mesin Kopi Tipe Semi-automatic

Tipe mesin kopi ini juga merupakan tipe mesin kopi yang dipilih oleh para barista dan juga pemiliki kafe. Hal ini karena harganya yang cukup terjangkau tidak kalah dengan mesin kopi otomatis. Dengan mesin ini, anda bisa menakar kopi sesuai dengan takaran yang tepat dengan mesin tipe ini. Mesin tipe ini memiliki beberapa fitur seperti boiler, portafilter, dan juga lever.

Anda harus menggiling dan memadatkan biji kopi dan bubuk kopi terlebih dahulu sebelum mulai mengekstrak kopi menggunakan mesin kopi semi-automatic. Untuk jenis mesin kopi ini terdiri dari dua jenis yaitu manual control dan programmable doses.

Mesin Kopi Tipe Manual

Terdapat juga mesin kopi tipe manual bagi yang ingin membuka kedai kopi sederhana bahkan mesin kopi manual ini seringkali digunakan di rumah bagi mereka yang suka minum kopi setiap hari dan ingin membuat kopi sendiri di rumah.

Desain mesin kopi manual memiliki kesan yang klasih dan elegan. Untuk mesin tipe manual juga terdiri dari berbagai tipe. Harga mesin kopi manual memang lebih murah namun anda harus menggiling sendiri biji kopi, melakukan tamping, mengatur tekanan dan suhu air panas, dan juga lama ekstraksi yang sesuai untuk menghasilkan secangkir kopi yang enak.