Wed. Nov 25th, 2020
Dealer Toyota Terdekat: Bengkel Resmi atau Umum?

Apakah Anda ingin mobil tetap awet meskipun sering digunakan? Kuncinya adalah jangan sampai melewatkan perawatan mobil yang harus dilakukan secara rutin. Namun, jika Anda berbicara tentang tempat melakukan perawatan, ada dua opsi untuk perawatan mobil yaitu bengkel resmi (seperti bengkel toyota terdekat) atau bengkel umum. Pastinya kedua opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beberapa faktor harus dipertimbangkan ketika pergi ke bengkel resmi maupun bengkel umum seperti memperhatikan pusat layanan hingga ketersediaan sparepart yang dibutuhkan. Tentu saja, pergi ke layanan bengkel yang salah sudah akan menyebabkan kerugian finansial bagi Anda. Jadi memang ada baiknya untuk memahami perbedaan bengkel resmi dan bengkel umum agar tidak salah memilih dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Perbedaan secara umum

  1. Bengkel resmi

Bengkel resmi adalah bengkel milik dealer atau agen penjualan kendaraan bermotor dan hanya menyediakan jasa untuk satu merek. Misalnya bengkel resmi Toyota yang hanya menawarkan layanan service untuk mobil Toyota.

Tenaga ahli di bengkel resmi ini dikatakan lebih kompeten.Selain memiliki sertifikat pelatihan yang mumpuni, mereka juga terbagi menjadi tiga bagian yang profesional yaitu teknisi general repair, service advisor, dan foreman repair. Standar sparepart yang dimiliki bengkel resmi harus memenuhi standar kendaraan yang akan diperbaiki, dan semua sparepart dan ordendil tentunya asli.

  1. Bengkel umum

Sedangkan untuk bengkel umum, mereka adalah bengkel yang tidak memiliki hubungan khusus dengan dealer manapun. Selama teknisi yang menangani masalah kendaraan setuju, semua merek kendaraan bisa diperbaiki di bengkel umum.

Suku cadangnya pun bermacam-macam. Ada suku cadang OEM (asli) sama seperti suku cadang yang dijual di bengkel resmi, serta suku cadang non-OEM dan suku cadang KW buatan China. Pengetahuan profesional teknisi bengkel umum bersifat subjektif.

Beberapa orang mengatakan bahwa kinerja layanan dan cara melakukan servis itu baik, biasa-biasa saja, atau bahkan buruk. Jadi sebenarnya bengkel umum juga tidak buruk asalkan anda pintar memilih bengkel umum yang terpercaya dan berpengalaman.

Untuk harga bengkel resmi juga umumnya lebih mahal dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh bengkel umum. Namun ada juga yang harganya tidak berbeda jauh. Hal ini bergantung pada pelayanan dan sparepart yang digunakan. Anda bisa mencari tahu hal ini terlebih dahulu di showroom toyota terdekat atau langsung ke bengkelnya jika ingin service mobil Toyota.

 

Bengkel Umum atau Bengkel Resmi?

Setelah mengetahui perbedaannya, mana yang terbaik untuk Anda? Bengkel resmi atau bengkel umum? Atau Anda ingin bengkel biasa dengan nuansa bengkel resmi? Tidak ada salahnya jika anda ingin ke bengkel resmi ataupun bengkel umum, pastikan saja yang anda pilih itu sudah berpengalaman dan juga terpercaya.

Hanya saja, banyak yang membawa mobil ke bengkel tanpa memahami seluk beluk mobil dan menyerahkan semuanya kepada teknisi. Hal ini tidak menjadi masalah jika anda membawa mobil ke bengkel terpercaya. Namun bisa saja anda ditipu jika salah membawa mobil ke bengkel dan tidak mengetahui tentang servis mobil.

Penipuan dapat terjadi di mana saja. Penipuan ini mungkin tidak terduga misalnya mengganti sparepart atau melakukan servis di bagian yang sebenarnya yang tidak penting, harga yang terlalu mahal, menggunakan sparepart palsu, dan lainnya. Jadi memang sebaiknya anda memahami sedikit tentang servis mobil untuk menghindari resiko penipuan.

Minimnya pemahaman ini mungkin membuat kita mudah tertipu. Oleh karena itu, kami juga akan mengalami kerugian ekonomi. Ingatlah bahwa bahkan di bengkel umum, penipuan bisa terjadi di mana saja.

Keadaan yang sama berlaku untuk pemilik mobil baru yang berusia di bawah 3 tahun, karena masih memiliki garansi resmi, sehingga harus dirawat di bengkel resmi dan akan ditangani sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada mobil teman Anda.

Jika anda sedang mencari bengkel resmi untuk memperbaiki mobil Toyota anda atau hanya untuk sekedar melakukan perawatan mobil secara rutin, anda dapat mengunjungi bengkel resmi Astrido Toyota. Astrido Toyota bukan hanya menawarkan layanan servis mobil namun juga merupakan dealer Toyota terdekat resmi yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.