Wed. Nov 25th, 2020

garudacyber – Di era teknologi modern, kebanyakan dari kita menggunakan Internet kemanapun kita pergi. Kami menggunakannya di rumah kami, di kantor kami, di tempat umum seperti perpustakaan, kafe internet, dan bandara. Namun, sebagian besar orang tidak pernah berpikir tentang bagaimana akses Internet yang mereka gunakan ini mencapai laptop, komputer desktop, smartphone, tablet PC, PDA, dan sebagainya. Nah, jenis koneksi Internet yang paling banyak ditemukan dan disukai saat ini adalah koneksi Internet nirkabel, atau Wi-Fi.

Koneksi Internet Nirkabel Dijelaskan dalam Istilah Sederhana

Sederhananya, koneksi Internet nirkabel adalah jenis akses Internet yang tidak memerlukan koneksi fisik ke komputer Anda atau perangkat lain yang akan mengakses World Wide Web melalui jaringan ini. Namun, harus ada semacam perangkat pusat, yang bertanggung jawab untuk mengambil akses Internet dari ISP, dan mengirimkannya ke perangkat lain yang dicakup oleh jaringan nirkabel. Perangkat ini menggunakan gelombang radio untuk mengirim sinyal ke perangkat lain, sambil terhubung secara fisik ke sumber akses Internet. Jadi, ini pada dasarnya berarti Anda dapat mengubah koneksi internet broadband Anda menjadi koneksi internet nirkabel, dan ini dalam banyak kasus dapat dilakukan hanya dengan menghubungi penyedia layanan Internet Anda dan meminta peralatan yang diperlukan. Mereka akan dengan senang hati menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk ini, dan terkadang bahkan tanpa biaya tambahan sama sekali.

Manfaat Koneksi Internet Nirkabel

Berikut ini manfaat terpenting dari menyediakan Wi-Fi untuk Anda:

Kenyamanan – Ini adalah manfaat yang paling jelas, karena Anda dapat mengakses Internet dari mana saja yang Anda inginkan dalam jangkauan jaringan, serta mengaksesnya dari perangkat apa pun yang memiliki adaptor nirkabel. Artinya, Anda dapat membawa laptop Anda dan mengakses Internet dari ruangan mana pun di rumah Anda, atau bahkan dari halaman belakang.
Keamanan – Berkat WPA (Wi-Fi Protected Access) dan WPA2, tidak ada yang dapat mengakses jaringan Anda kecuali Anda, karena mereka memerlukan kata sandi untuk melakukannya. Selain itu, semua lalu lintas yang melewati jaringan Wi-Fi dienkripsi, jadi ada beberapa masalah keamanan yang perlu dikhawatirkan di sini.
Biaya – Bayangkan berapa biaya menghubungkan semua komputer di perusahaan besar jika orang harus melakukan ini dengan kabel atau kabel. Meskipun ini harus dilakukan di masa lalu, semua perangkat ini sekarang dapat terhubung ke Internet tanpa kabel, yang menghemat banyak uang dan masalah.
Kecepatan – Kecepatan dulunya adalah masalah nyata dengan akses Internet Wi-Fi, tetapi teknologi modern (WiMAX dan EV-DO) telah memungkinkan jaringan nirkabel untuk menikmati kecepatan pengunduhan besar hingga 7 Mbps, atau bahkan lebih dalam beberapa kasus . Jika Anda menyambungkan modem kabel atau ADSL2 + Fiber Internet Gateway ke router N nirkabel, Anda dapat mengunduh secepat koneksi Internet Anda memungkinkan, lebih dari 100 Mbps di beberapa area.
Haruskah Anda Menggunakan Wi-Fi?

Ya, itu sangat tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda berpikir untuk mencari ISP yang akan memberi Anda akses Internet untuk pertama kalinya, Anda pasti harus bertanya apakah mereka menawarkan opsi Internet nirkabel. Meskipun Anda mungkin tinggal sendiri dan hanya memiliki satu laptop, Anda tetap akan menikmati kemudahan membawa laptop ke mana pun Anda mau dan menjelajahi Internet. Di sisi lain, jika Anda memiliki keluarga besar, Wi-Fi adalah ide bagus karena Anda tidak perlu meletakkan kabel ke setiap komputer di rumah. Pastikan untuk memeriksa batas penggunaan, karena sebagian besar penyedia 3G dan 4G memiliki batas bulanan yang rendah sebesar 10 GB atau kurang dibandingkan dengan batas kabel dan DSL lebih dari 100 GB per bulan. Jika Anda menggunakan banyak data, lebih baik Anda menggunakan paket kabel atau DSL yang dikombinasikan dengan perute nirkabel untuk digunakan di rumah dan paket broadband seluler terpisah jika Anda memerlukan akses Internet saat bepergian.