Wed. Dec 2nd, 2020

Jika Anda sedang berbisnis, ingin memulai blog, atau membuat website dengan alasan apapun, Anda perlu mengetahui istilah website agar saya tidak salah. Istilah seperti hosting, server, dan domain sering digunakan saat membuat atau mengelola situs web. Apa perbedaan antara Hosting, Server, dan Domain?

Perbedaan antara hosting, server, dan domain

Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data pada sebuah website. Hosting ditempatkan di server. Meskipun keduanya adalah host data, perbedaan antara hosting dan server adalah server memiliki hard drive dan RAM untuk memungkinkan prosesor yang dibentuk untuk disimpan di rak server.

Ada berbagai jenis hosting yang bisa Anda pahami, dua di antaranya adalah shared hosting dan cloud hosting. Shared hosting adalah jenis hosting murah yang digunakan oleh banyak situs web secara bersamaan. Artinya hosting yang Anda gunakan berada di server yang juga digunakan oleh orang lain, sehingga kecepatan website tersebut dibagi oleh pengguna lain.

Selain itu, ada juga yang disebut cloud hosting, yaitu hosting yang disimpan di server dan terhubung melalui cloud berbasis internet. Oleh karena itu, lebih dari satu server dapat digunakan. Jadi jika ada masalah, server lain yang terhubung ke internet dapat bertindak sebagai cadangan sementara hingga masalah tersebut teratasi.

Server

Server adalah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam jaringan komputer. Fungsinya untuk menjalankan fungsi perangkat lunak yang mengontrol akses ke jaringan dan sumber daya yang dikandungnya. Server harus selalu disimpan di pusat data yang memiliki fungsi lengkap agar server berfungsi secara optimal saat diakses dari seluruh dunia dan tidak mudah rusak. Oleh karena itu ia memiliki umur yang panjang.

Umumnya server bekerja bila ada request dari client. Anda adalah klien tersebut saat Anda mengakses Internet melalui browser. Alasannya adalah karena saat menggunakan internet, Anda tidak dapat mengakses situs web, terlepas dari apakah itu google.com, bing.com, dll. Setelah itu, server akan mengirimkan informasi ke perangkat Anda tergantung pada apa yang Anda cari.

Domain

Domain adalah nama yang telah ditetapkan dan diatur oleh suatu badan Pengelola Nama Domain yang di Indonesia diatur oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Ketika sebuah website ibarat rumah, domain adalah alamat rumah yang menggantikan “lokasi geografis” rumah, yang dalam konteks ini menggantikan alamat IP (alamat IP).

Saat Anda membayar nama domain, Anda hanya dapat menyewanya. Oleh karena itu, Anda perlu memperbarui lisensi Anda setiap tahun untuk menggunakan nama domain yang Anda gunakan.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan di atas tentang perbedaan hosting, server, dan domain, coba ingat-ingat tempat menyimpan data di website Anda. Ingatlah bahwa setelah Anda memiliki domain, Anda masih perlu mendaftarkan akun hosting untuk memublikasikan situs web Anda.

Namun, saat memilih hosting untuk sebuah website, pastikan hostingnya cepat dan aman sehingga Anda tidak perlu mengeluh tentang masalah pada website tersebut sehingga Anda bisa selalu mengandalkan website Anda. Ssst, akan lebih baik jika penyedia hosting Anda ada untuk Anda 24 jam sehari. Semoga artikel ini membantu!.

Dapatkan hosting wordpress murah hanya di cloudku.id, disana juga menyediakan cloud hosting murah lho!, yuk silahkan bisa kunjungi & order.