Wed. Dec 2nd, 2020

Samsung telah merilis ponsel baru yang semakin agresif dengan ponsel entry-level dan mid-range baru-baru ini. Dengan generasi terbaru Galaxy M31, seri Galaxy M30 sendiri memiliki 3 generasi hanya dalam waktu 8 bulan.

Galaxy M31 sebenarnya tak jauh berbeda dengan pendahulunya, Galaxy M30s, yang sama-sama punya baterai besar 6.000 mAh. Bedanya, Galaxy M31 punya 4 kamera belakang dengan fungsi berbeda.

Dengan harga Rp 3.699.000, otomatis Galaxy M31 berada di tengah, di mana persaingan semakin ketat. Bisakah Galaxy M31 mengimbangi?

Galaxy M31 terlihat normal seperti ponsel masa kini. Menurut saya varian warna merah adalah ungu dan juga pada sisi kiri dan kanan ponsel warna berangsur-angsur berubah menjadi hitam sehingga menyatu dengan bagian depan ponsel.

Menurut saya, Galaxy M31 agak terlalu besar, terutama dari segi lebar dan ketebalan ponselnya. Ponselnya juga agak berat, yang membuat saya merasa tidak nyaman setelah menggunakan Galaxy M31 dalam waktu yang lama.

Area layarnya tipis kecuali sisi bawah, yang memiliki bezel besar tidak proporsional dibandingkan sisi lainnya. Layarnya menggunakan model dewdrop pony untuk menempatkan kamera depan.

Di bagian samping ponsel terdapat tombol volume dan power, lubang speaker, slot USB-C untuk pengisian daya, jack headphone dan slot kombinasi untuk 2 kartu SIM dan 1 microSD.

Bagian belakang Galaxy M31 terbuat dari plastik dan mudah tergores jika tidak menggunakan casing. Saat menguji ponsel, saya “berhasil” membuat deretan yang cukup dalam dan panjang di bagian belakang ponsel, meski saya tidak pernah jatuh atau ditarik dengan keras.

Empat kamera belakang memiliki tata letak yang mirip dengan ponsel Samsung terbaru, dengan kamera terletak di kiri atas ponsel.

Pemindai sidik jari tetap menggunakan model pemindai fisik yang terletak di dekat bagian belakang kamera. Meskipun pemindai fisik ini tidak secanggih pemindai sidik jari di layar, pemindai ini memiliki proses yang cepat untuk mengenali sidik jari.

Layar Galaxy M31 berukuran 6,4 inci dan menggunakan teknologi Super AMOLED dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Tampilan layarnya bagus dan kecerahan layarnya cukup terang untuk digunakan di bawah terik matahari.

Untuk performa ponsel kelas menengah, Galaxy M31 masih menggunakan chipset yang sama dengan pendahulunya, chipset Exynos 9611. Satu-satunya perbedaan adalah RAM 6 GB Galaxy M31.

Galaxy M31 sudah menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka One UI 2.0. Antarmuka One UI yang baru lebih merupakan peningkatan dari versi sebelumnya dan, menurut saya, jauh lebih bagus daripada antarmuka Samsung yang lama.

Dalam penggunaan sehari-hari, saya sering memperhatikan bahwa animasi di ponsel saya tidak terlihat mulus. Namun secara keseluruhan performa ponsel 3 juta ini masih oke.

Menariknya, Galaxy M31 sulit dimainkan. Saat saya memainkan game populer dengan pengaturan grafis tinggi di ponsel ini, saya masih bisa bermain dengan lancar.

Saat dijajal dengan aplikasi uji AnTuTu, Galaxy M31 meraih skor 187.199. Sementara itu, aplikasi seluler Geekbench mencetak 345 poin untuk single-core dan 1.190 poin untuk multi-core.

Untuk daya tahan baterai, Galaxy M31 mencapai 14 jam 15 menit saat saya uji baterainya menggunakan aplikasi PC Mark dengan level baterai 100% dan kecerahan layar 50%.

Dalam pemakaian sehari-hari, saya bisa menggunakan ponsel ini dengan duty cycle 8 jam 6 menit hingga baterainya mencapai 10% baterainya. Menggunakan Galaxy M31 selama 2 hari tanpa charging ponsel sangat memungkinkan.

Diperlukan waktu lama untuk mengisi penuh baterai sebelum menggunakan pengisi daya standar. Ini sesuai dengan 2 jam dan 16 menit bila level baterai antara 15% dan 100%.

Galaxy M31 memiliki total 5 kamera dengan 1 kamera di bagian depan ponsel dan 4 kamera di bagian belakang ponsel. Setiap kamera memiliki fungsi yang berbeda.

Kamera tampak belakang terdiri dari kamera utama 64 megapiksel, kamera kedalaman 5 megapiksel untuk menciptakan efek bokeh, kamera makro 5 megapiksel untuk close-up, dan kamera ultra lebar 8 megapiksel untuk merekam area yang lebih luas. Foto. Kamera depannya sendiri memiliki resolusi 32 MP.

Artikel ini dipersembahkan untuk tekno farm dengan url resminya teknofarm.net, terima kasih sudah membaca artikel ini.