Fri. Oct 23rd, 2020
Beragam Alasan Anak Anda Harus Sarapan Pagi

Salah satu hal yang menjadi tantangan ibu setiap hari adalah menyuruh anaknya untuk sarapan pagi. Bisa dikatakan bahwa anak-anak cenderung susah untuk sarapan. Hawa yang tidak enak untuk makan, kondisi masih mengantuk dan lainnya menjadi alasan yang dikemukakan untuk menolak sarapan. Padahal, sarapan adalah kebiasaan yang cukup penting.

Ada beberapa alasan kenapa sarapan menjadi kebiasaan yang cukup penting dan tentu saja sebaiknya diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Beberapa alasan tersebut tidak hanya tentang kesehatan, melainkan juga tentang kedisiplinan.

Nah, penasaran apa saja alasan kenapa Anda harus mengajarkan sarapan pada anak-anak sejak dini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Pentingnya Sarapan Untuk Anak-anak

Sebagaimana disinggung di awal, sarapan adalah kebiasaan yang harus diajarkan ke anak-anak sejak dini. Ada beberapa alasan mengenai pentingnya sarapan untuk anak-anak. Beberapa alasan yang cukup mendasar tersebut adalah sebagai berikut:

Melatih konsentrasi belajar

Sarapan adalah hal yang bisa membantu anak-anak lebih berkonsentrasi saat belajar. Perlu diketahui, ada kebutuhan tenaga yang harus dipenuhi untuk bisa menggerakan otak berpikir lebih maksimal. Nah, di pagi hari, sarapan bisa menjadi sumber tenaga bagi otak untuk bekerja dengan lebih maksimal.

Memberi energi tambahan

Secara umum, tubuh juga memerlukan energi untuk memulai aktivitas. Dengan energi yang tersedia, tentu aktivitas akan menjadi lancar dan tubuh juga akan cenderung memiliki daya tahan yang lebih baik.

Nah, untuk mendapatkan energi yang diperlukan oleh tubuh tadi, sarapan adalah salah satu hal yang diperlukan. Konsumsi makanan sehat di pagi hari akan memacu tubuh untuk siap menjalani aktivitas harian. Terlebih, anak-anak cenderung lebih aktif sehingga mereka membutuhkan lebih banyak energi.

Mengajarkan disiplin

Selain tentang masalah kesehatan, mengajarkan sarapan pada anak-anak sejak dini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan kedisiplinan. Jika Anda mengajarkan sarapan di pagi hari, maka akan ada tanggung jawab anak untuk bangun pagi dan bersiap untuk menyantap makanan.

Meskipun terdengar sepele, manfaat dari pembiasaan ini sangat bagus. Anak-anak akan terbiasa melakukan sesuatu tepat waktu. Selain itu, yang paling penting adalah anak sudah terbiasa bangun pagi.

Beberapa poin di atas tentu bisa menjadi alasan yang cukup mendasar dan penting kenapa Anda –sebagai orang tua, harus mengajarkan sarapan sejak dini kepada anak-anak. Selain itu, tentu saja Anda harus memastikan jika menu sarapan yang dikonsumsi sudah tepat dan cukup gizi.

Nah, untuk menemani sarapan pagi anak Anda dan memastikan gizi yang didapatkan seimbang, Anda bisa menambahkan produk Nestle sebagai pendamping menu sarapan. Terdapat produk susu dan cereal yang kaya akan gizi dan bisa memenuhi kebutuhan gizi harian anak Anda. Semoga bermanfaat.